KPK Jabar Setda Kab Sukabumi Apresiasi Ide Dinas Pendidikan Adanya Pengembangan Ruangan Literasi 

Pendidikan180 Dilihat
banner 336x280

POLISI NEWS | SUKABUMI. Komite pencegahan korupsi Jawa Barat ( KPK jabar) Setda Kab. Sukabumi. Di sinilah transformasi ruang belajar literasi menjadi penting. Ruang belajar tak lagi terbatas pada bangunan sekolah dan ruang kelas tradisional.

Dengan menggunakan internet, rangkaian dan proses pembelajaran bisa terjadi di mana saja. Ini adalah hal yang baik, dan kita harus mampu beradaptasi dengan situasi normal baru ini. Karena dengan bergesernya sistem pembelajaran menjadi digital, keseluruhan maupun parsial, ilmu pengetahuan ada di mana-mana, sistem pembelajaran menjadi dua arah, pendidik berperan sebagai pendamping dan pembimbing bagi siswa. Implikasinya adalah peserta didik jadi lebih mandiri, kritis, kreatif, dan solutif.

banner 336x280

Secara harfiah, literasi berarti kemampuan menulis dan membaca. Namun secara komprehensif, UNESCO mendefinisikan literasi sebagai kemampuan untuk mengidentifikasi, memahami, menafsirkan, membuat, berkomunikasi, dan menghitung dengan berbagai konteks. Literasi melibatkan rangkaian pembelajaran yang menghasilkan seperangkat pengetahuan dan keterampilan nyata bagi seseorang, sehingga ia mampu berkomunikasi secara efektif untuk dapat mencapai tujuannya, mengembangkan pengetahuan dan potensinya, serta berpartisipasi dalam komunitas dan masyarakat.

Jauh berkembang dari awal pencanangannya yang hanya untuk memperingati pentingnya melek huruf, pada peringatan HLI tahun 2022 ini UNESCO mengusung tema “Mentransformasi Ruang Belajar Literasi.”Tema tersebut diangkat dengan pertimbangan bahwa kejadian dalam ruang Global telah memengaruhi proses belajar-mengajar.

Contohnya adalah di mana pandemi telah mengubah wajah dunia pendidikan. Proses belajar-mengajar tak lagi terbatas pada bangunan sekolah dan ruang kelas konvensional. Hampir semua negara mengambil keputusan yang universal, yaitu beralih ke ruang belajar digital, baik secara keseluruhan maupun parsial.

E. Suhendi ketua KPK jabar setda kab Sukabumi meminta tanggapan kepada pihak dinas pendidikan kab Sukabumi yg dimana memberikan penjelasannya terkait dengan SMPN 1 Cisolok, SMPN 1 Cisolok itu salah satu sekolah yang menjadi skala prioritas dinas pendidikan kab Sukabumi terutama di bagian sarprasnya,

kenapa menjadi prioritas karena sekolah ini di tambah berada di pinggir jalan raya dan daerah tersebut berada di daerah wisataa yang menjadi salah satu aitem kab Sukabumi.

Nah sekolah ini juga diharapkan bisa bersaing dengan sekolah sekolah di wilayah lain dalam hal memberikan pelayanan pendidikan, didasari hal tersebut maka dinas pendidikan kab Sukabumi melalu seksi sarana prasarana bidang SMP kami berkolaborasi dengan pihak sekolah untuk membuat fasilitas literasi atau ruang literasi ini untuk meningkatkan tingkat siswa di SMPN 1 Cisolok dan diharapkan ini bisa sesuai dengan program pemerintah pusat.

Dalam hal membuat ruang literasi untuk siswa ini kami beralih operasi supaya ruang literasi ini nyaman di gunakan oleh siswa, sekaligus juga bisa meningkatkan daya tarik bagi calon siswa di daerah sekitar, dari dua hal inilah kemudian tercipta plaza literasi di lantai 2 dari satu sisi hal tersebut meningkatkan penampilan SMPN 1 Cisolok dr bagian depan, di sisi lain kita juga meningkatkan tempat literasi siswa dengan program pemerintah pusat, kemudian untuk perpustakaan nya sendiri kita masih menggunakan perpustakaan yg lama nah ini untuk ruang literasi nya kita merehab ruang yg baru ruang sebter terbuka, jadi nanti SMPN 1 Cisolok ini bisa dibilang punya tambahan ruangan perluasan dr perpustakaan yang lama. Pungkas kasi sarpras bidang SMP disdik kab Sukabumi

Jurnalis | Ricad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *