UD. Anugerah Motor Korban Modus Penipuan Jual Beli Secara Online dengan Harga Dibawah Pasar

UD. Anugerah Motor Korban Modus Penipuan Jual Beli Secara Online dengan Harga Dibawah Pasar

POLISI NEWS I GARUT. Di masa Pandemi Covid-19 banyak upaya berbagai oknum untuk melakukan penipuan lelang sepeda motor yang dipajang di media sosial Facebook.

Salah satunya penipuan modus jual beli motor hasil lelang atau tarikan leasing dan mengatasnamakan perusahaan tertentu. Motor tersebut dijual secara online dengan harga murah dibawah pasaran, untuk membuat calon korbannya tertarik.

Salah satu akun facebook jual beli motor tipu-tipu tersebut mengatasnamakan Showroom UD. Anugerah Motor yang berdomisili di Jawa Timur.

Mereka sering melancarkan aksinya dengan mengklaim bahwa dirinya dari UD.Anugerah Motor serta untuk mengkelabui korbannya. Mereka mengirimkan bukti legalitas perusahaan dari mulai surat Izin lelang, surat izin tempat usaha, KTP dan SIM, untuk menunjukan seolah-olah mereka benar dari perusahaan Anugerah Motor.

Seperti yang di alami LB (21), warga asal Wanaraja, Kabupaten Garut, ia telah menjadi korban penipuan akun facebook yang mengatasnamakan perusahaan UD.Anugerah Motor, ia tertipu ketika ia ingin membeli membeli motor Yamaha R15 pada akun facebook tersebut seharga 11 juta rupiah.

“Awalnya saya searching di facebook saya, untuk mencari foto motor yang saya inginkan, setelah itu muncul grup dan halaman facebook UD.Anugerah Motor yang menjual motor bekas dengan harga murah,karena hasil lelang dan tarikan leasing”.,katanya.

“Setelah komunikasi di facebook, saya diarahkan oleh akun itu untuk komunikasi via whatsapp, dan karena saya tergiur dengan harganya yang murah, saya mengikuti semua yang di arahkan oleh penipu tersebut, mulai dari mengirimkan KK,KTP dan sejumlah uang. Pertama saya transfer 2,5 Juta yang katanya untuk uang muka/tanda jadi,setelah itu saya diminta lagi untuk mengirim uang 5,75 juta untuk mutasi balik nama dan lain-lain, kemudian ia meminta lagi sejumlah uang untuk jasa pengiriman”.,lanjutnya.

Merasa ada kecurigaan karena terus-terusan meminta uang, selanjutnya LB (Korban) melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Garut pada hari Selasa,16/03/2021.

Sementara, Marketing UD.Anugerah Motor Cabang Bratang Jaya 44 Surabaya, Husnul Huda atau Pak Us mengatakan, bahwa perusahaannya sering dijadikan ajang penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Itu penipuan, sudah banyak yang lapor Polisi”.,ungkapnya.

Ia juga menjelaskan ,”bukan hanya Anugerah Motor saja, tapi hampir shownroom se-Surabaya yang dijadikan ajang penipuan oleh oknum tak bertanggung jawab tersebut”.,jelasnya kepada wartawan Polisi News saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp beberapa waktu lalu.

Ia juga menghimbau, “Jadilah smart buyer, apabila ada yang mengatas namakan UD Anugerah Motor dengan yang menawarkan unit motor/mobil dengan harga murah dari harga pasaran dengan dalih unit lelang dan sebagainya, bisa konfirmasi ke kontak UD ANUGERAH MOTOR Bratang Jaya 44 (031-5045051) atau melalui akun Instagram resmi Anugerah Motor : anugerahmotor.sby”., Pungkasnya.

Untuk kasus ini, LB menelan kerugian sebesar 8,25 Juta Rupiah, sementara kasus ini sudah ditangani oleh Mapolres Garut,Polda Jawa Barat, dan status terlapor kini dalam lidik Satuan Reskrim Polres Garut.

Tim One Polisi News | Bang Adies

Jurnalis Polisi News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top