Telah Meninggal Dunia Kol. Purnawirawan Dra. Louise Elisabeth Coldenhoff Selamat Jalan

Nasional633 Dilihat
banner 336x280

Berita Duka Cita Telah meninggal dunia Kol. Purnawirawan Dra. Louise Elisabeth Coldenhoff, Pada Pukul, 15.45 WIB (7/02/2021) di RSAL Mintohardjo Jakarta.

Sejarah Perjalan hidupnya

banner 336x280

Setelah lulus dari universitas, Coldenhoff melihat bahwa angkatan laut telah membuka pendaftaran untuk pembentukan Korps Wanita Angkatan Laut. Coldenhoff kemudian mendaftar sebagai wajib militer.

Proses seleksi dilakukan di Malang. Coldenhoff berhasil melewati semua tahapan tes seleksi. Ia dan 11 anggota lainnya dilantik sebagai perwira Korps Wanita Angkatan Laut pertama pada tanggal 5 Januari 1963 oleh Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana RE Martadinata . Coldenhoff ditugaskan di Sekolah Pasokan Angkatan Laut Surabaya. Tak lama kemudian, dia dan petugas Korps lainnya dikerahkan ke Irian Barat . Mereka diterbangkan ke Irian Barat, tempat pesawat mereka mendarat di Merauke .

Coldenhoff menjalani latihan berdiri dan berbaris, dan diterbangkan lagi ke Hollandia (sekarang Jayapura ) setelah dimulainya pelatihan. Dia mendapat perintah untuk mengibarkan bendera Indonesiamenyusul penyerahan kewenangan Irian Barat dari UNTEA ke Indonesia. Coldenhoff ditunjuk sebagai cadangan, sedangkan Letnan An Go Lian Lie ditunjuk sebagai pengangkat utama bendera. Sebelum upacara pengibaran bendera, Coldenhoff dan rekan-rekannya juga bertugas membersihkan lapangan upacara dari pecahan pecahan botol.

Pada pukul 00.00 tanggal 1 Mei 1963, Coldenhoff diberi tahu oleh seorang kolonel dari angkatan darat bahwa ia harus segera menghadapi Sukarno . Dia disuruh Soekarno untuk menggantikan posisi Lie sebagai pengibar utama bendera.

Setelah penempatannya, Coldenhoff dan rekan-rekannya dikirim ke Amerika Serikat untuk belajar di WAVES . Bersama dengan studinya di cagar alam, dia mengambil kursus bahasa Inggris dan manajemen. Setelah menyelesaikan studinya, ia kembali ke Indonesia, di mana ia diangkat sebagai komandan pertama Pusat Pendidikan Korps Wanita Angkatan Laut.

Dalam kunjungan kenegaraan Ratu Juliana ke Indonesia pada tahun 1971, Coldenhoff diangkat sebagai ajudan Ratu.

Diangkat Menjadi Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Coldenhoff dilantik sebagai Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta oleh Gubernur Soeprapto pada tanggal 5 Februari 1983 menggantikan Kolonel Soesdaryono. Selama masa jabatannya, ia menerapkan kurikulum lokal baru untuk siswa di Jakarta. Dia memberikan otonomi kepada sekolah untuk menerapkan mata pelajarannya sendiri dalam kurikulum lokal. Menyusul berlakunya kebijakan ini, sekolah pesisir di Jakarta menambahkan penangkapan ikan ke dalam kurikulum lokal.

Masa jabatannya berakhir pada 10 Juli 1987, saat ia digantikan oleh Soegiyo.

Tim Liputan : Syahdar Nahdiyat /Wikipedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *