Sungai Citarum Harum Punya Kawasan Taman Air

Sungai Citarum Harum Punya Kawasan Taman Air

KAB. BANDUNG I Polisi News. Kegiatan bersama gober dan salah satu warga masyarakat membersihkan sampah-sampah yang ada di aliran sungai Citarum Harum tepatnya kawasan taman air di wilayah Sub 1 Bojongsoang tepatnya di wilayah Rw 10 cijagra Kec. Bojongsoang. Senin, pukul 08.00 WIB.Tanggal 7 Desember 2020.

Dengan penuh semangat Dansub Kopda Arga dan anggotanya bergerak mengangkat sampah yang berserak di tepian aliran sungai atau menumpuk membusuk di kanan kiri bantaran sungai hingga sampah yang menghalangi permukaan aliran sungai.

Mulai dari sampah styrofoam bekas kemasan buah, plastik, botol plastik bekas air mineral dan minuman ringan dari berbagai jenis, karung berisi bekas bungkus permen, bantal, kasur, ban bekas dan berbagai jenis sampah lainnya. Bahkan sampah tersebut menyatu dengan bambu dan kayu yang terbawa hanyut aliran Sungai Citarum Harum 02 tersebut.

Salah satu warga Cijagra RW10 Ibu RT Widy menyampaikan, ” saya sering lewat di jembatan biru ini sebelum ada taman air tajut dan kumuh, pada saat ini saya menjadi betah bermain dengan anak-anak dari pada main ketempat wisata atau main ke mall, alangkah baik main di taman air Citarum ini bawa keluarga bisa senam bisa menikmati suasana sejuk, dan saya melihat para satgas yang sedang bekerja di badan sungai memungut sampah- sampah dan plastic-plastik, membersihkannya dengan 2 perahu, ssaya pribadi sangat terimaksih kepada Satgas Citarum Harum membuat taman untuk warga masyarakat dan terlihat ada Mushola juga,”ucap Ibu Widy.”

Dansub Kopda Arga menyampaikan, “ Untuk warga masyarakat mohon lebih baik sampah di kumpulkan ke TPS jangan buang ke sungai ini, terlihat sampah – sampah entah darimana sampah tersebut banyak sekali sampah plastik yang sulit terurai, kepada warga masyarakat tolong di perhatikan lagi buanglah sampah pada tempatnya, ada banyak warga yang suda sadar akan kebersihan namun masih banyak pula warga yang masih tidak peduli dengan lingkungan dan dampak dari ketidakpedulian itu”.

Dalam satu perahu yang berbeda milik satgas, menyampaikan, “ Mudah-mudahan warga semakin sadar akan klebersihan lingkungan sekitar dan sungai yang dimiliki Kab. Bandung agak lebih terawat dan tertata rapi, Masyarakat diharapkan berperan aktif menjaga kebersihan dan tidak mengandalkan keberadaan satgas saja, namun kontribusi wargapun sangat diharapkan bisa memelihara lingkungan dan sungai yang ada dengan baik,” ujarnya.

“ Sehubungan dengan kelestarian lingkungan butuh sinergitas warga dengan satgas, guna mencegah penumpukan sampah di badan sungai” ujarnya.

Kegiatan penyisiran sampah di sungai Citarum Harum ini dilakukan setiap hari, oleh setiap Sub Sektor 6, mereka terus melaksanakan tanggungjawab ini atas dasar tugas dan kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan.

(Wandha)

Jurnalis Polisi News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top