SMK Negeri 1Rengasdengklok Menghadirkan Event Job Fair

Nasional304 Dilihat
banner 336x280

POLISI NEWS | KARAWANG. Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) bekerjasama dengan SMK Negeri 1 kembali menghadirkan event Job Fair di halaman depan SMKN 1 Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (26/10/2023).

Job fair yang diselenggarakan selama satu hari dan terbuka untuk umum melibatkan 18 perusahaan, PT AT Indonesia, PT Telkom Indonesia, PT PSD HR Consultan, PT Monokem Surya, PT Steel Pipe Industri Of Indonesia, PT Federal Internasional Finance (FIF), LPK Akira Gakuin, PT Trijaya Tekhnik Karawang, PT Cemco Harapan Nusantara, PT Mitra Metal Perkasa, PT Nichirin Indonesia, PT Arai Indonesia Mfg, PT Yachio Trimitra, PT HLI Green Power,  PTYamaha, PT Alfamart, dll.

banner 336x280

Dibuka oleh KCD Wilayah IV Riesye Silvana. Dihadiri Camat Rengasdengklok, Kepala Desa Amansari, Kapolsek diwakili anggota personil, Danramil Rengasdengklok, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Karawang, Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah IV, Komite SMKN 1 Karawang.

Kepala KCD Wilayah IV melalui Kasubag TU Cadisdik Riesye Silvana mengatakan, bahwa etitude harus diutamakan dalam membentuk karakter seseorang. Anak anak dengan adanya era digitalisasi semakin tergerus, mereka inginnya sekarang yang ekstra tanpa memikirkan prosesnya seperti apa.

“Itulah yang terjadi diusia anak anak sekarang. Tapi satu hal, tadi sudah dari Disnaker menyampaikan bersaing dengan mesin. Walaupun ada yang tidak bisa dilakukan dengan mesin,. Yaitu, karakter seseorang, jadi bapak atau ibulah yang membuat karakter siswa siswi, “ucapnya.

Riesye menambahkan, bapak ibu mungkin bisa dilihat dari salah satunya perusahaan jepang menerapkan kedisiplinan. Banyak perusahaan yang ada di Karawang yang malah merekrut lulusan dari Subang. Ternyata sudah ditelusuri di Subang itu ada mengedepankan disiplin.

“Tetapi bukannya di Karawang tidak bisa seperti itu, disiplin ini adalah modal yang sangat penting. Tanpa disiplin anak anak tidak bakal sukses, makanya saya titip anak anak untuk menerapkan disiplin,”katanya.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang Diwakili oleh Kabid Damanhuri mengatakan, diharapkan menecetak alumni alumni siap terjun ke dunia industri. Diutamakan mental karena apa, perusahaan yang baik dilingkungan kawasan luar umumnya Kabupaten karawang harus mempersiapkan mental kuat.

“Contoh yang sudah lulus melalui tes murni beberapa minggu sudah mengundurkan diri, alasan cape, kedua alasannya atasan galak. Jadi harus benar benar mempersiapkan mental yang kuat,”ucapnya.

Lanjutnya, untuk para perusahaan yang telah berkenan dalam job fair mudah mudahan menjadi contoh untuk membagi meratakan kepelosok dan sekaligus bisa melaksanakan tes dipelosok di Kabupaten Karawang.

“Tidak ada alasan jauh dan kurang staf, karena sekarang bisa online, yang penting perusahaan bisa bekerja sama dengan BKK di sekolah sekolah pelosok. Hampir semua perusahaan paling tinggi 75 persen yang diterima, padahal yang melamar itu ribuan,” ujarnya.

Tambahnya, Kepada alumni yang ada di Kabupaten Karawang jangan sampai kalah saing dengan orang luar. Semoga kuat dan tahan banting mentalnya. Untuk pencari kerja disnaker Karawang setiap jm 14.00 membuka lowongan pekerjaan.

“Untuk yang mempunyai link info loker bisa dilihat jadwal waktunya, Karena ada beberapa perusahaan yang membuka lowongan kerja. Disnaker Karawang juga membuka pelatihan kerja gratis, bagi yang berminat bisa mendaftarkan langsung,” ujarnya.

Jurnalis | Asman S | Agus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *