Sistem mekanisme Pencairan BPNT setelah Revisi data DTKS bagi Para KPM dari Kementrian Sosial

Nasional320 Dilihat
banner 336x280

POLISI NEWS | KAB. BANDUNG.  Bansos (BPNT)Bantuan Pangan Non Tunai masih akan terus disalurkan oleh pemerintah di tahun 2022.BPNT di penghujung tahun ini akan terus disalurkan setiap bulannya termasuk di bulan November 2022 sekarang ini. Jumat (25/11/2022).

Untuk jadwal pencairan BPNT Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung Provinsi Jawa barat November 2022 sendiri dijadwalkan cair mulai dari hari Jum’at tanggal 25 sampai dgn tgl 30 November kalender berjalan mendatang.

banner 336x280

Bansos BPNT, PKH tahap 4, dan BLT BBM tahap 2 merupakan program bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang masih cair pada bulan November 2022 ini.

Masyarakat yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berkesempatan mendapatkan bansos BPNT, PKH tahap 4, ataupun BLT BBM tahap 2,akan di cairkan di bulan November 2022.

Dalam menjalankan tupoksi pengawasan sebagai kontrol sosial, J.P.K.P dan para awak media termasuk Polisi News.com berkewajiban mengawasi tata cara,alur, sistem serta mekanisme,serta mengedukasi masyarkat penerima manfaat
(BPNT) Bantuan Pangan non tunai tersebut.

Menurut Pungsi regulasi program, maka para KPM wajib membelajakan kebutuhan pokok berupa sembako, adapun sistem pembelanjaanya, J.P.K.P lebih memfokuskan para KPM dan merekomendasikan ke arah pembelanjaan bahan pokok ke yang memiliki kapasitas, kuantitas, mutu pada bahan pokok yang akan di konsumsi oleh keluarga penerima manfaat nantinya. Karena itu J.P.K.P sebagai kontrol sosial Independent dapat lebih mudah dalam hal mengoontrol, mengawasiwasi, monitoring serta dapat membantu meringankan para KPM itu sendiri dan sangat membantu dalam Pendistribusian langsung ke para KPM sebagaimana diintruksikan oleh Kemensos melalui kebijakan.

Dalam penyaluran bansos tahap 4 alokasi bulan Oktober sampai Desember 2022 akan disalurkan melalui PT POS yang ada di kecamatan terdekat dengan wilayah KPM dan disalurkan berdasarkan KKS (kartu keluarga sejahtera) sekarang penyaluran nya semua di ambil alih oleh PT POS indonesia mulai dari PKH,BPNT,sampe BLT pengalihan subsidi BBM seperti hal nya di kecamatan pangalengan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Terkait BPNT hal yang mana menurut informasi dari PT POS, penyaluran akan di mulai dari 25 sampai dengan 30 November 2022 yang mana masing-masing penerima yang telah terdaftar akan menerima bantuan mulai dari yang paling kecil sebesar 525 ribu rupiah sampai yang paling besar 4,6 Jt,  yang terdiri dari bantuan pengalihan subsidi BBM, BPNT dan PKH namun perlu adanya pendampingan dari pihak terkait supaya KPM lebih bijak dalam membelanjakan uang tersebut agar tepat guna dan manfaat.

Menurut aturandan peraturan Bantuan Pangan Non tunai secara tenis sesuai peruntukannya, KPM wajib membelanjakan nya dan di Peruntukan ke hal mendasar serta utama ke 9 bahan Pokok sembako seperti beras, telor, daging, buah-buahan, sayur.

Jikalau tidak ada pendampingan ataupengawasan dalam pembelanjaannya, di khawatirkan malah diasumsikan para KPM bukan tidak mungkin akan mengartikan lain dan bisa jadi di belanjakan di luar 9 bahan pokok yang utama, misalnya dipakai belanja yang lain lain seperti pulsa rokok, barang mewah.

Sehingga sangat riskan bisa terjadi tersebut kalau ketahuan dibelanjakan bukan peruntukannya, maka Jaringan Pengawas Kebijakan Pemerintahan(J.P.K.P) berhak memberikan teguran, pemahaman serta edukasi kemasyarakat penerima manfaat untuk mengingatkan, serta tidak menutup kemungkinan akan menindak lanjuti nya sebagai reperensi laporan temuan ke Dinsos kota atau kabupaten untuk  ditindak lanjuti lebih intens. Supaya progman pemerintah ini sesuai dengan target peruntukannya dalam memperbaiki nilai gizi bagi warga masyarakat Indonesia

“Sehingga meningkatnya pertumbuhan ekonomi di daerah, terutama usaha mikro dan kecil di bidang perdagangan,” ujar Ketua DPD J.P.K.P Pengawas Kab. Bandung

Jurnalis | Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *