Sistem Layanan AHU Online Memberi Kemudahan Pelaku Usaha

Sistem Layanan AHU Online Memberi Kemudahan Pelaku Usaha

BANDAR LAMPUNG | POLISI NEWS. Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) Kantor Wilayah Lampung menggelar sosialisasi layanan administrasi hukum umum di Hotel Novotel Jalan Gatot Subroto, Sukaraja, Bumi Waras Bandar Lampung, Selasa (2/3/2021).

Adapun sosialisasi tersebut mengangkat tema ‘sistem layanan administrasi hukum umum (AHU online) kita wujudkan sistem layanan yang dapat menciptakan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha dan masyarakat.’

Kemenkumham menggelar sosialisasi ini dimaksudkan sebagai sarana diskusi dan sosialisasi mengenai layanan AHU Online bagi pelaku usaha dan masyarakat di Lampung.

Dengan tujuan mampu meningkatkan pengetahuan para peserta sosialisasi mengenai sistem layanan AHU.

Para peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini berjumlah 150 orang yang terdiri dari pegawai Kemenkumham Lampung, Dinas Koperasi dan UKM, serta Ikatan Notaris Indonesia di Lampung.

Kepala kantor wilayah Kemenkumham Lampung Danan Purnomo mengatakan diskusi yang digelar hari ini menekankan sosialisasi mengenai kebijakan Direktorat Jendral Administrasi Hukum Online melalui layanan AHU Online.

“Ini dalam rangkaian memberi kemudahan dalam berusaha tentunya ini sesuai dengan amanah Undang Undang Cipta Kerja, jadi layanan AHU Online mempermudah,” ujarnya dalam kesempatan ini.

Danan menyampaikan pada diskusi ini juga membahas mengenai kemudahan melakukan pendirian badan usaha milik perorangan.

“Kalau dahulu badan usaha berupa PT dan sebagainya, tapi sekarang perorangan bisa mendirikan badan usaha perseorangan, maka kemudahan-kemudahan itulah yang disampaikan dalam kegiatan sosialisasi ini,” terangnya.

Danan menuturkan dimas pandemi ini pemerintah berusaha menggiatkan kembali laju perekonomian di Indonesia.

“Sejalan dengan menghidupkan kembali laju perkembangan perekonomian kita, terobosan yang dilakukan oleh Direktorat Jendra AHU melalui layanan AHU Online adalah mempermudah dalam rangka kemudahan berusaha serta meningkatkan rating bisnis di Indonesia,” tegas mantan Sesditjen AHU ini.

Melalui diskusi ini, Dnana berharap pendaftaran badan usaha milik perseorangan akan naik.

“Dengan demikian, naiknya pendaftaran badan usaha perseorangan maka membuka lapangan pekerjaan baru, ini diharapkan bisa tumbuh dan berkembang perekonomian khususnya di Lampung ini,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia Kemenkumham Kantor Wilayah Lampung, Nur Ichwan mengatakan peserta diskusi dan sosialisasi terdiri dari beberapa UKM dari seluruh Lampung dan juga pengurus wilayah serta daerah notaris yang ada di Lampung.

“Kalau narasumber dari Direktorat Jendral AHU, Direktorat Jendral TI, dan Direktirat Jendral Perdata, satu lagi dari Dinas Koperasi UKM Bandar Lampung,” bebernya.

Nur Ichwan mengatakan kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di tahun 2021.

“Pesan saya bisa mengikuti kegiatan tersebut dan langsung bisa bertanya dengan narasumber, narasumber yang kami hadirkan ini adalah narasumber ahlinya dibidang masing masing,” katanya.

“Seperti yang disampaikan oleh Pak Kakanwil yang diangkat adalah perseroan perseorangan ini bisa menanyakan bagaimana cara dan proses pendaftaran perseroan perseorangan ini,” tandasnya.

Tim Liputan | Muhammad Syarifudin

Jurnalis Polisi News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top