Puluhan Cangkul Beraksi di Bantaran Sungai Citarum Harum

KAB BANDUNG I Polisi News. Giat pembenahan daerah aliran sungai Citarum dilaksanakan Satgas Citarum Harum Sektor 6 Sub Sektor 2 dengan membuat lubang dan menanam rumput vetiver serta sereh wangi dibantaran sungai Citarum, yang berlokasi di RW 11 RT 05 desa Bojong Sari kecamatan Bojong Soang, Kabupaten Bandung, Selasa (8/12/2020).

Serma Yudi H (DANKI) memimpin apel pagi dan menyampaikan “ hari ini kita akan melakukan penanaman rumput vetiver dan sereh wangi dengan tujuan supaya kontur tanah semakin kuat, kerjakan dengan ihklas sebagai bagian dari tanggung jawab mulia” ungkapnya.

Dengan apel bersama sebelum melaksanan tugas satgas, gober, berdo’a bersama dan bergegas melaksanakan untuk pencangkulan, pelubangan dan penanaman.

Tanaman yang dikenal dengan akar wangi ini memiliki akar serabut yang panjang. Sehingga mampu menahan partikel tanah dan mencegah erosi. Selain itu, batangnya yang keras dan kaku mampu menahan aliran air.Itu dilakukan agar Bantaran sungai itu tidak mudah longsor saat puncak musim hujan nanti .

Menurut Dansubsektor 2 Kopda Ak Dalimunthe mengatakan”, kita hari ini membuat lubang dan menanam rumput vetiver (akar wangi) dan sereh wangi sepanjang 500 meter di bantaran Citarum RW 11 Desa Bojong Sari”,ucapnya. Masih kata Kopda AK Dalimunthe.

Kopda AK Dalimunthe menambahkan, “Rumput tersebut atau vetiver (akar wangi) dan sereh wangi merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat mengikat tanah karena akarnya panjang. Sehingga cocok dan baik ditanam di daerah-daerah rawan longsor,”Tutupnya.

Penanaman Serai wangi ini akan terus dilakukan terus sampai cukup baik untuk menahan kontur tanah yang ada dibantaran sungai Citarum Harum.

(Wandha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Kasdam III/Slw Laksanakan Kunjungan Kerja Kejajaran Satgas Pamtas Yonif 312/KH Di Perbatasan RI-PNG
Next post Polsek Bandung Kidul Polrestabes Bandung Gelar Ops Yustisi Gakplin