PT SBJ Diduga Telah Merusak Lingkungan Akibat Pembangan Emas di Lebak Banten

Nasional502 Dilihat
banner 336x280

POLISI NEWS | LEBAK BANTEN. PT. Samudera Banten Jaya (SBJ) diduga sebagai sumber muncul banjir bandang di wilayah Bayah Lebak Selatan dengan menggali gunung tanpa izin. Tim LSM GAiB 212 menyelusuri tentang surat perizinan usaha tersebut, Kamis 20/10/2022.

Ketika Tim LSM GAiB 212 saat menuju lokasi gunung sudah hancur diduga akibat  penambangan emas yang dilakukan warga Asing. Menurut keterangan warga sekitar mengatakan penambangan emas sudah berjalan 5 tahun di kampung Cikoneng Warung Banten.

banner 336x280

Warga dan LSM GAiB 212 telah demo untuk menghentikan kegiatan penambangan. Namun sampai saat tetap berjalan yang membuat tanah jadi longsor dan meengakibatkan banjir bandang.

Penasehat ormas GAIB 212 PAC Muncang Nedi mengatakan, “Penambangan gunung telah dikuasai warga Asing dan para pekerja warga asing, “tuurnya.

Warga Cikoneng Warung Banten Asep memaparkan, ‘Di area pertambangan emas sudah sulit  mencari air bersih untuk di minum atau dikonsumsi. Karena di area penambangan air sudah dicampur dengan racun bahan kimia seperti CN, sehingga kami tidak berani untuk mengkonsumsi air tersebut karena takut ada efeknya, “ujarnya.

“Kami berharap kepada penegak hukum wilayah Lebak Banten agar segera turun untuk menyikapi persoalan ini. Karena dampak penambangan sudah mengundang banjir bandang. Maka yang dirugikan masyarakat yang ada dengan kehilangan harta benda yang ikut hanyut terbawa oleh banjir bandang, ” ujarnya Dani S anggota GAiB 212.

“Akibat penambangan yang serampangan telah mencemari lingkungan wilayah Banten Selatan. Sehingga warga masyarakat sekitar pun sulit mencari air bersih yang bisa dikonsumsi. Masyarakat kampung Cikoneng warung Banten berharap kepada persiden Jokowi perintahkan anggota Kepolisian untuk mengusut tuntas PT samudra Banten Jaya yang merugikan masyarakt dan lingkungan sekitarnya, “ucapnya warga masyarakat kampung Cikoneng

Jurnalis | Dani Saeputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *