Protes Pembongkaran Palang Bambu Tui di KFC

Orang adat Moi Demo di Mapolres Sorong Kota

Info Polres263 Dilihat
banner 336x280

POLISI NEWS | SORONG. Sejumlah warga masyarakat adat Suku Moi demo serta menggeruduk kantor Mapolres Sorong Kota sambil membawa spanduk bertuliskan tuntutan tekait tanah hak ulayat suku Moi.

“Kami datang menuntut harga diri adat Suku Moi lewat Bambu Tui (palang adat) yang dipasang di lokasi KFC,” ujar Yakobus Do kepada media di kantor Mapolresta, Rabu, (13/12/2023).

banner 336x280

Kepala Adat Suku Malamoi Yakobus Do mengatakan, aksi tersebut terkait pembukaan palang di area KFC yang dilakukan secara sepihak oleh Kepolisian Kota Sorong Papua Barat Daya tanpa koordinasi dengan adat dan tanpa melalui prosesi adat Moi.

Menurut Yakobus, jajaran Polres Sorong Kota dinilai telah menyinggung harga diri orang Moi sehingga harus diganti lewat denda dan sumpah adat yang berlaku di tanah adat Moi.

“Adat kami kalau cabut Bambu Tui berarti harus ada nyawa gugur. Sehingga jelas polisi sekarang sudah langgar,”terang Yakobus

Awalnya kami minta buka palang (Bambu Tui) hanya 300 juta rupiah, bukan tanah, namun karena barang ini dibongkar paksa,” ucapnya.

Kapolres Sorong Kota menerangkan bahwa, “Tindakan diambil itu berdasarkan laporan yang mana memiliki bukti administrasi atau Sertifikat yang sah,”tegasnya.

Kapolresta Sorong Kota Kombes Pol Happy Perdana Yudianto mengatakan, pihaknya melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam penegakan hukum.

Kita sudah ajak bicara baik-baik kepada masyarakat pemilik hak ulayat, saya memilih bongkar karena ada laporan,”terangnya.

Mengenai persoalan hukum adat, Kapolres Sorong Kota mengaku hingga saat ini pihaknya tetap menjunjung tinggi nilai kultur dan budaya di Tanah Papua.

“Dan oleh karenanya jika ada yang merasa dirugikan maka seyogyanya menempuh langkah lain, lewat upaya hukum,”imbuhnya.

Kapolres Sorong Kota berharap, proses ini bisa dilakukan upaya lain sehingga para pihak bisa dipertemukan lalu bersama-sama mencari jalan terbaik ke depan,” pungkasnya.

Jurnalis | Agung RPP, SE. CHt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *