Plt Bupati hadiri Peletakan Batu Pembanguan Grdung Pengadilan Agam

Nasional103 Dilihat
banner 468x60

PPOLSI NEWS | PALAS. Plt. Bupati Padang Lawas drg. H.Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si menghadiri peletakan batu pertama (grounding breaking ceremony) pembangunan Kantor Pengadilan Agama (PA) Sibuhuan yang baru, di Jalan Kihajar Dewantara Padang Luar Sibuhuan.

Ketua Pengadilan tinggi Agama Medan Dr. H. Abdul Hamid Pulungan, SH, MH hadir pada acara ini. Turut juga hadir Ketua DPRD Amran Pikal, S.SosI, Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan Saifuddin, SHI, Ketua Pengadilan Negeri Sibuhuan Lulik Djatikumoro, SH, MH, Kajari Padang Lawas Teuku Herizal, SH, MH, Wakapolres Padang Lawas Kompol JW Sijabat, Kakan Kemenag Padang Lawas H. Abdul Manan, MA, Sekda Arpan Nst, S.Sos, Para Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD, Camat Barumun, Lurah Sibuhuan, Para Pimpinan Perbankan, Ketua MUI Padang Lawas, Ketua Pemangku Adat Kab. Padang Lawas, Tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

banner 336x280

Plt. Bupati dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangganya atas pembangunan Pengadilan Agama Sibuhuan.

“Saya mengucapkan selamat atas dimulainya pembangunan Pengadilan Agama Sibuhuan yang baru dan kami merasa bangga atas pembangunan ini, ucapnya.

PA yang dibangun pada posisi yang sangat strategis, berada di Jalan lintas Sibuhuan – Riau ini akan menambah city branding Kota Sibuhuan. Bangunan ini nantinya akan memberikan identitas dan marwah serta menambah warna baru yang akan semakin memperelok wajah kota Sibuhuan, tambahnya.

Kami berharap dengan gedung baru, nantinya bermanfaat bagi warga Padang Lawas juga membangkitkan semangat baru bagi warga PA dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terlebih selama ini Pemkab. Padang Lawas dan PA Sibuhuan telah bersinergi dalam program kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dan semoga, sinergitas ini kedepannya akan terus berjalan dan semakin erat, lanjut Plt.Bupati.

Sebelumnya Ketua PA Sibuhuan Saifuddin, SHI menyampaikan ucapan terima kasih setinggi tingginya kepada Pemkab Palas atas fasilitasi kegiatan hari ini dan dukungan yang sangat luar biasa Pemkab Padang Lawas kepada PA Sibuhuan dalam berbagai hal.

“Jujur dari hati yang terdalam, kami beruntung bertugas di PA Sibuhuan. Dukungan Pemkab Padang lawas khususnya Bapak Plt. Bupati sangat luar biasa begitu juga dari seluruh instansi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. Komunikasi berjalan dengan sangat baik, relasi yang dibangun sangat produktif dan selalu berorientasi pada pelayanan pada masyarakat, ujar Saifuddin.

Pada tahun 2021 yang lalu, Pemkab. Padang Lawas menjadi pelopor pelaksana sidang itsbat nikah terpadu .Tidak tanggung tanggung 4 (empat) instansi secara bersama – sama langsung terlibat dalam pelaksanaan agenda besar ini, mulai dari Pengadilan Agama, Kantor Kementerian Agama, Dinas Dukcapil serta Dinas KB.

Pelaksanaan Sidang Istbat Nikah Terpadu ini begitu positif karena langsung menyentuh kebutuhan masyarakat, ini semua karena program Pemkab. Padang Lawas, imbuh Saifuddin.

Di samping itu, kolaborasi dan sinergi ini memangkas birokrasi menjadi lebih sederhana bahkan pada tahun ini bersama Pemda juga telah direncanakan pelaksanaan sidang itsbat nikah terpadu dengan estimasi 300 (tiga ratus ) perkara. Melaksanakan semangat kearifan lokal masyarakat merupakan wujud dari pengalaman, kerjasama bergandengan tangan antara Pemkab. Padang Lawas dan PA Sibuhuan.

Dijelaskan pula oleh Saifuddin bahwa gedung PA Sibuhuan dibangun diatas tanah seluas 4545 m² dengan bangunan 2 lantai, seluas ± 1800 m² dengan pagu anggaran 34 M, dibangun dengan 2 tahap yaitu, tahap I tahun 2021, 26 % dengan anggaran 9 M dan tahap II tahun 2023, 74 % dengan pagu dana 25 M.

Tak lupa juga Saifuddin menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan perjuangan Alm. Bahren Lubis dalam memperjuangkan berdirinya PA Sibuhuan. PA Sibuhuan berdiri sesuai Kepres nomor 15 tahun 2016, yang mana pada kepres dimaksud PA Sibuhuan berada pada urutan I dari keseluruhan 30 PA di seluruh Indonesia.

Dikesempatan yang sama Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan DR. H. Abd Hamid Pulungan SH, MH dalam sambutannya juga menyampaikan, ucapan terima kasih sebesar-besarnya dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkab.Padang Lawas khususnya Plt. Bupati dan Ketua DPRD atas dukungan dan kerjasama dengan PA Sibuhuan selama ini.

Ia juga memohon doa restu seluruh masyarakar Padang Lawas agar pembangunan gedung PA Sibuhuan berjalan lancar dan tidak ada halangan apapun dan selesai tepat waktu.

Jurnalis | Arman Efendi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *