Plh Sekda Buka Pelatihan dan  Teknik Pertolongan Pertama pada Kecelakaan 

Berita Update101 Dilihat
banner 336x280

POLISI NEWS | SORONG. Penjabat Wali Kota Sorong, Septinus Lobat,  diwakili Plh. Sekretaris Daerah Kota Sorong, Ruddy R. Laku, membuka Pelatihan dan Pertolongan, yakni Teknik Pertolongan Pertama pada Kecelakaan, yang diselenggarakan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Sorong di Rylich Panorama Hotel, Senin (13/05/2024).

Dalam sambutan tertulisnya Pj. Wali Kota yang dibacakan Plh. Sekda dikatakan, kecelakaan maupun bencana tidak dapat diprediksi.

banner 336x280

Selain itu, kondisi geografis serta struktur medan di wilayah kerja Basarnas Sorong terdiri atas laut, sungai, gunung, lembah serta tebing.

Oleh sebab itu, perlu diadakan pelatihan teknis potensi SAR yang merupakan salah satu unsur penting dalam proses penanggulangan bencana. Pelatihan teknis potensi SAR tersebut merupakan upaya yang dilakukan, agar unsur SAR yang ada di wilayah kerja kantor Basarnas Sorong dapat bersinergi dengan memberikan penyelamatan terhadap korban yang mengalami kecelakaan di ketinggian, dan saat melakukan operasi SAR, dapat lebih profesional serta terkoordinasi.

“Adapun salah satu dasar diadakannya pelatihan ini adalah, sebagai tanggung jawab Basarnas untuk membina potensi SAR sesuai amanat undang-undang nomor 29 tahun 2014 pasal 2, tentang pencarian dan pertolongan yang menyebutkan bahwa, tanggung jawab pembinaan potensi pencarian dan pertolongan dilaksanakan oleh badan nasional pencarian dan pertolongan.

Diakhir sambutan dikatakan, pemerintah berharap agar para peserta pelatihan tersebut dapat mengikuti secara serius dan fokus, sehingga materi yang diberikan para instruktur ataupun mentor, dapat terserap dengan baik dan maksimal.

Jurnalis | Agung RPP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *