Pengadilan Negeri Langkat Menggelar Sidang Perdana dugaan PMH 10 Media 10 Wartawan

POLISI NEWS | LANGKAT. Pengadilan Negeri (PN) Langkat, Stabat, menggelar sidang pekara dugaan perbuatan Melawan Hukum (PMH) yang ditujukan ke 10 wartawan dan 10 media online, terkait aduan (gugatan) Ibu Susilawati Br Sembiring didampingi Penasehat Hukum ke PN Langkat, Stabat.

Sidang perdana itu dipimpin Hakim Ketua Nasri, SH, MH, dan didampingi Hakim anggota, Maria CN Barus, S,IP, SH, MH, dan Yusrizal, SH, MH, yang digelar di ruang Candra PN Stabat, dengan agenda pemeriksaan berkas -berkas (identitas) dari tergugat, Kamis (30/9/2021).

Hadir dipersidangan itu, pihak penggugat Susilawati Br Sembiring di Pimpin PH nya, Selanjutnya rekan -rekan media (wartawan) tergugat, para PH (pengacara) wartawan, Ketua PWI Langkat, Ketua PWI Binjai, anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Ketua DPD SPRI Sumut, LBH Medan dan rekan-rekan wartawan dari Langkat Binjai.

Informasi dirangkum awak media ini, gugatan terjadi karena ibu Susilawati Br Sembiring melaporkan wartawan dan media melalui PH- nya Ke PN Stabat, terkait pemberitaan yang ditayangkan (diterbitkan) oleh 10 media online, berkaitan salah judul berita terhadap seorang saksi yang merasa dirugikan waktu sidang OG di PN Stabat, beberapa waktu lalu.

Di tempat terpisah (luar sidang) PH 6 wartawan yang tergugat Muhammad Mas’ud, SH, MH mengatakan pada awak media persoalan ini saya sudah katakan hanya membuang energi rekan rekan media yang tergugat saja, sebenarnya kembali ke UU Pers NO 40 Tahun 1999 tentang Pers .

“Dan pak Mas’ud juga pernah menyampaikan beberapa waktu lalu di depan awak media di Pangkalan Brandan, ia mengatakan pada pokoknya menegaskan gugatan yang diajukan penggugat terhadap tergugat tidak tepat. Salah satunya karena objek perkara bukan merupakan kewenangan (Kompetensi Absolut ) Pengadilan Negeri untuk mengadili. Sebab dengan jelas penggugat mendalilkan objek perkara merupakan produk pemberitaan media,” ujarnya.

Jurnlais | Muslim Yusuf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Tim Donor Darah Sukarela Bantu Pengaobatan Septia Ulandari yang Tidak Punya BPJS
Next post Polsek Darma Kuningan Aktif Jalankan Pos PPKM di Pasar Darma