Penambangan Tanah Oleh PT SBJ Akan berdampak Tanah Longsor dan Banjir

Nasional382 Dilihat
banner 336x280

POLISI NEWS | LEBAK BANTEN. LSM Gerahamtara (gerakan hak asasi manusia Nusantara) setelah ditelusuri tentang surat perizinan usaha galian yang diduga PT Samudra Banten Jaya tidak punya izin penambangan emas di kampung Cikoneng warung Banten oleh Rabu (11/10/2022).

Menurut warga sekitar mengatakan, “Penambangan emas yang dilakukan oleh orang asing bukan warga sekitar penambangan emas sudah hampir 5 tahun berjalan di kampung Cikoneng warung Banten. Warga seempat dan ormas sudah mengadakan orasi untuk menghentikan kegiatan penambangan tersebut. Namun sampai saat ini tetap berjalan sehingga tanah longsor dan mengalami banjir, ujarnya .

banner 336x280

Anggota Gerahamtara Asep mengatakan, PT SNJ tersebut dikuasai Cina dan para pekerja tidak ada warga sekitar, semua karyawan dari luar daerah da.

” Akibat penambangan emas oleh PT Samudra warga sulit untuk mencari air bersih untuk diminum atau dikonsumsi karena di area sudah tercemar oleh limbah penambangan. Semua air di lokasi tersebut dudah tercampur dengan limbah racun bahan kimia seperti CN dan warag sekitar tidak berani mengkonsumsi air tersebut, “ujar Asep anggota Gerahamtara.

Lanjut Asep, Kami berharap kepada penegak hukum wilayah Lebak Banten segera turun untuk menindak PT SBJ sebagai penambang. Kami khawatir dampak dari penambangan yang semakin merajalela. Ini akan berdampaknya banjir bandang.

Jurnalis Dani saeputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *