Pembuatan dan Peresmian Taman Pendidikan di Kabupaten Kubu Raya

POLISI NEWS | KALBAR. Mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) membuat taman pendidikan di desa Puguk Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, lewat program pemberdayaan masyarakat desa (P2MD), 03/10/2021.

Pembangunan taman tersebut dilaksanakan dari bulan juli hingga bulan Oktober, dan diresmikan tanggal 03 oktober 2021 yang dihadiri oleh Wakil Direktur 3 Polnep, dosen pembimbing dan Kepala Desa beserta masyarakat desa puguk.

“Pembangunan taman pendidikan ini di harapkan dapat menambah pengetahuan dan memberikan manfaat kepada masyarakat desa puguk terkhusus kepada para pelajar dan juga mahasiswa di bidang pendidikan, “ujar Dede irawan. ST.MT, Wadir 3 Polnep.

Pembangunan taman pendidikan yang dihibahkan oleh mahasiswa Polnep untuk masyarakat desa Puguk juga disertai tower jaringan wifi, perpustakaan mini dan fasilitas olah raga.

Zaky.f. Y mengatakan, “kenapa kami membuat taman pendidikan yang di sertai dengan fasilitas seperti tower wifi, perpustakaan mini dan fasilitas olah raga, taman manjadi kebutuhan para pelajar yang ada di desa Puguk, tersebut sama sekali tidak tersentuh jaringan internet sehingga bagaimana sebagai mahasiswa membawa peradaban baru dan perubahan untuk desa Puguk dengan menyediakan taman pendidikan dengan fasilitas internet. “ujar ketua pelaksana P2MD.

Taman yang dibangun merupakan taman pendidikan yang di peruntukan untuk pelajar dan masyarakat dalam menjalankan aktifitas belajar mengajar, serta dapat menjadi tempat hiburan dan rekreasi,

“Kami fokus membuat taman pendidikan dengan fasilitas fasilitas pendukung belajar mengajar seperti tower wifi dengan harapan pelajar-pelajar di desa Puguk dapat menikmati jaringan internet dan dapat menambah pengetahuan, apalagi kita sekarang berada di zaman industri 4.0 yang mana seluruhnya menggunakan teknologi. Sehingga hari ini sudah selayaknya kita sebagai mahasiswa untuk mengenalkan hal tersebut mulai dari pelosok desa, “sambung Zaky.

Dalam pelaksanaan pembangunan taman pendidikan tersebut disambut baik oleh masyarakat dan juga pemuda di desa puguk.yang mana dalam pembangunannya selalu bersinergi bersama mahasiswa dan sangat antusias sekali dalam melaksanakan rentetan kegiatan yang di bawa mahasiswa.

Ulkadrie, S, Ap., M.ap selaku dosen pembimbing mengatakan, bahwa selama proses pembangunan taman pendidikan tersebut kami selalu di bantu oleh masyarakat desa Puguk dari awal mula pembangunan taman ini. Di samping itu juga mahasiswa yang dominan mahaiswa dari program Studi Administrasi Negara, kelas A angkatan 2018 yang tetap bersemangat dalam melaksanakan pembangunan untuk mensukseskan P2MD ini.

“Saya sangat senang ketika ada mahasiswa membawa program atau inovasi untuk desa kami, apalgi inovasi yang ke arah pendidikan, karna ini merupakan salah satu ajang masyarakat yang ada di desa baik itu yang terpelajar maupun tidak untuk sama sama belajar bersama mahasiswa, “ujar Muhammad Ali, Kepala desa puguk.

Selain pembuatan taman pendidikan, mahasiswa politeknik negeri pontianak (Polnep) yang tergabung dalam organisasi mahasiswa, Majlis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), juga membentuk organisasi kepemudaan yang di berinama Kelompok Pemuda Sadar Pendidikan (Pokdardik).

Rahman mengatakan, “Untuk keberlangsungan program-program yang kami bawa di desa puguk, maka di bentuklan pokdardik, karna kami merasa bahwa antusias masyarakat puguk terkait dengan taman ini sangat besar dan semangatnya sangat tinggi. Harapan saya Pokdardik ini dapat meneruskan program program yang kami bawa, baik itu dalam segi perawatan taman maupun pembinaan sumber daya manusia yang ada di desa puguk, sehingga dapat memperbaiki kualitas SDM desa puguk. “ujar Pembina Pokdardik.

“Saya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya untuk kawan kawan mahasiswa Polnep yang telah mensukseskan P2MD ini dari awal hingga akhir, terkhusus kepada HMJ TP, HMJ Sipil dan kawan kawan dari kelas A Administrasi Negara Anggatan 2018, karena selalu bersemangat mensukseskan program P2MD ini dengan semangat tinggi. Kami ucapkan terimakasih sebesar besarnya kepada masyarakat desa Puguk, Kepala Desa karena selama kami melaksanakan kegiatan P2MD ini, kami sangat di sambut dengan baik dan selalu ada untuk membantu kami dalam mensukseskan kegiatan ini, “tutup Wanda Budiman Ketua P2MD Polnep.

Jurnalis | Rahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Profil Kapolda Sulsel yang Baru Irjen Pol Nana Sujana
Next post Biddokkes Polda Kalbar Terus Menggalakkan Kegiatan Vaksinasi