Memperdayakan BUMDes Untuk Mensejahterakan Masayarakt

Nasional438 Dilihat
banner 336x280

POLISI NEWS | BANDUNG. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoU) Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Wisata Pamarakan (GWWP) Desa Sukamerang, Kecamatan Kersamanah, Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat dengan Yayasan Sultan Fatih Al-Ayubbi, Edy Syahputra S. ST., S.Psi. di Ruang Kantor Pribadi Pemasaran Jalan Nanjung No 149 Lagadar, Kecamatan Margaasih, Bandung hari Kamis, 17 Maret 2021 sekitar pukul 14.20 WIB.

Kerjasama ini, menurut Sekretaris GWWP, M.A.Zakariyya.,S.E ” sebagai bagian dari usaha bersama dalam pengembangan perekonomian desa agar bergerak lebih cepat. Salah satunya dengan menjadikan Badan usaha Milik Desa (BUMDes) Wisata Pamarakan (GWWP) sebagai penggerak motornya,” katanya.

banner 336x280

“ Pada kesempatan ini, saya selaku Sekretaris GWWP, berharap kepada Ketua Yayasan Sultan Fatih Al-Ayubbi Bapak Edy Kewoy panggilan akrabnya dan semua pihak-pihak yang nantinya akan ikut andil, maka dengan adanya kerjasama ini bisa membangun dalam meningkatkan perekonomian desa melalui pembinaan dan pendampingan terhadap BUMDes-BumDes lainnya khususnya Kabupaten Garut Sehingga usaha yang dikelola BUMDes Wisata Pamarakan (GWWP) ke depannya benar-benar bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Desa bukan sekelompok kecil orang,” Harap Zakariyya.

Dalam kesempatan, Ketua Yayasan Sultan Fatih Al-Ayubbi Edy Kewoy menerangkan, ” Perkembangan Badan Usaha Milik Desa di Kotamadya Cimahi sangat bagus, tahun ini sampai bulan Februari sudah ada 15 (lima belas) BUMDes yang jalan. Kemudian yang sedang proses pembentukan ada 5 (lima) Desa/Kelurahan, yang lainnya masih melihat dan mengkaji potensi Desa/Kelurahan yang bisa dikelola. Rata-rata usaha yang dikelola BUMDes sudah berjalan dengan baik dan benar, seperti : pengembangan UKM, usaha air bersih, pengelolaan sampah, pariwisata dan lain-lainnya.ucapnya

“Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dibentuk sebagai lokomotif ekonomi masyarakat desa. Ini sebagai amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, sehingga pengelolaan BUMDes dipercayakan kepada masyarakat desa.

Edy Kewoy berharap, ” semoga kerja sama ini, BUMDes Wisata Pamarakan (GWWP) yang dikelola oleh Bang Zaka dan Timnya serta kepala desa Bunyamin untuk cavorage area wilayah Priangan Timur merupakan salah satu upaya untuk memperkuat perekonomian desa dan yayasan ini dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada. BUMDes Wisata Pamarakan (GWWP) adalah suatu lembaga ekonomi yang dibangun atas inisiatif masyarakat dan menganut asas mandiri dengan modal usaha yang bersumber dari salah satu pengusaha putera daerah Garut.

” Untuk itu, pengelolaan dan pelaporan BUMDes Wisata Pamarakan (GWWP) juga harus transparan bagi pemerintah desa dan masyarakat. Artinya dasar pengelolaan harus serba transparan dan terbuka sehingga ada mekanisme chek and balance antara pemerintahan desa maupun masyarakat. Jika BUMDes Wisata Pamarakan (GWWP) dikelola dengan baik dan benar, maka dengan sendirinya kesejahteraan masyarakat desa akan cepat meningkat.” tegasnya

Team One Polisi News | Zaka | Editor Taufik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *