Maraknya Ilegal logging Ditaman Nasional Gunung Halimun Salak, Dirjen Kementerian KLH Tutup Mata

Nasional126 Dilihat
banner 336x280

POLISI NEWS | LEBAK. Maraknya ilegal logging di kawasan Konservasi taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Ketua Forum komunikasi Lembaga Swadaya Masyarakat FK LSM, minta kantor seksi Resort kab Lebak Banten dibubarkan pasalnya di beberapa titik pembalakan liar atau ilegal logging dibiarkan malah pura-pura tidak tahu ungkap Yatna Ruyatna kepada wartawan (6 /12/ 2023

Saat dikonfirmasi oleh awak media di kantor Seksi Resort Cipanas Lebak Banten saat diminta keterangan oleh beberapa awak media ketua Forum komunikasi LSM FK LSM mengatakan, “Kami sedang Audensi secara resmi dengan pihak Polhut Resort Gunung Bongkok dan Kepala Seksi Cipanas Lebak Banten, bahwa adanya temuan pembalakan liar.

banner 336x280

Namun Ada beberapa pertanyaan dari tim audensi yang tidak di jawab oleh Pihak Kepala Seksi diantaranya, “Kenapa bapak diam  selama ini marak terjadi pencurian kayu jenis pohon meranti dan tidak melaporkan ke pihak penegak hukum.

“Menurut kami ini sudah ada dugaan pembiaran dari pihak Polhut atau pihak seksi karena setahu kami kantor seksi merupakan kepanjang tangan dari Balai yang seharusnya punya kewenangan untuk menindak tegas para pembalak liar, “tegas Ketua Forum FK LSM.

Kepala Seksi menerangkan kami “Tidak punya kewenangan untuk menindak para pelaku pembalakan tersebut. Karena kami tidak bisa melaporkan peristiwa ini ke penegak hukum atau Kepolisian. Hanya bisa melaporkan ke Balai saja pak karena kami tidak diperbolehkan Bikin surat menyurat ke luar,” ungkapnya.

Kami tugas disini hanya Patroli mengawasi Hutan Taman Nasional Gunung Halimun salak, adapun peristiwa yang bapak laporkan ke kami akan sampaikan ke pimpinan yang ada ke Balai Taman Nasional Gunung Salak.

Lanjut ketua LSM FK kabupaten  Lebak Yatna Ruyatna artinya  Polhut dan Kepala Seksi tidak bisa melaporkan peristiwa ini.

Menurut hemat kami masyarakat tidak ada fungsi kalau melaporkan ilegal logging terjadi di kawasan Konservasi taman Nasional Gunung halimun salak apakah masyarakat harus langsung melaporkan ke pihak kepolisian.

“Dirjen Kementerian KLH jangan menghamburkan uang negara dan nampaknya menutup mata dengan ilegal logging yang merugikan keuangan negara, “tutup ketua LSM FK.

Jurnalis | Dani Saeputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *