Longsor Tebing Sungai Mengancam Pemukiman di Kampung Kumpai,

Nasional87 Dilihat
banner 336x280

POLISI NEWS | LEBAK. Terjadi Musibah Longsor melanda Kampung Kumpai, sebuah pemukiman di tepi Sungai yang terletak di Desa Maraya, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten. Longsor tebing sungai terjadi sekira pukul 04 dini hari, Minggu, (14/4/24)

Hujan deras yang telah mengguyur wilayah tersebut sejak malam hari tampaknya telah memicu longsor tebing sungai Cikumpai dan Cilaki yang mengancam pemukiman penduduk setempat.

banner 336x280

Adapun beberapa rumah warga yang terdampak sementara yang dapat dihimpun diantaranya ; Rumah atas nama Sumaah Kp.kumpay RT/RW.04/03 Ds.Maraya, Kec.sajira, Lebak Banten. H.sawira Kp.kumpay/RW.03/03 Ds.Maraya,Kec Sajira, Lebak Banten. H. Suhemi Kp.Kumpay RT/RW.02/03, Ds.Maraya,Kec.Sajira,Lebak Banten. Atas nama Kusnadi Kp.kumpay RT/RW.04/03,Ds.Maraya,Kec.Sajira Lebak Banten.

Menurut keterangan warga sekitar, longsor terjadi akibat luapan sungai Cikumpai dan Cilaki yang begitu deras,tebing sungai tidak sanggup menahan aliran air yang deras sehingga hal ini terjadi secara cepat dan tidak terduga.

Sementara Menurut ketua BPD Desa Maraya, Nasrudin mengatakan, Warga yang terdampak saat ini sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah setempat ataupun Kabupaten Lebak.

“Beberapa warga yang terdampak Longsor tebing sungai di Kampung kumpai sangat membutuhkan bantuan dan perhatian Pemerintah. Jangan sampai hal ini terabaikan,”ungkapnya

Ia melanjutkan Kejadian sekira Pukul 04 dini hari. Warga setempat yang berada di sekitar area terdampak menyaksikan seketika tanah longsor secara tiba-tiba menyapu sebagian tebing sungai. Luapan aliran sungai cikumpai dan Cilaki sangat deras sehingga penyanggah tebing tidak kuat menahan, “tambahnya

Dengan kondisi demikian ia mengatakan, ini dapat menjadi ancaman serius terhadap pemukiman warga di Kampung Kumpai. Beberapa rumah bahkan terlihat tergantung di tepi tebing yang longsor, hal itu meningkatkan kekhawatiran akan terjadinya tragedi yang lebih besar.

“Saya mewakili Warga Desa berharap Kepada Pemerintah Desa Maraya dan Tim penanganan bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Sajira dan Kabupaten Lebak segera dikerahkan ke lokasi untuk memantau kondisi rumah-rumah warga yang terdampak dan memberikan bantuan darurat,”harapnya

Alhamdullilah tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, Namun, kerugian warga masih dalam konfirmasi, dan yang lebih penting ialah keprihatinan terhadap keselamatan warga terus menjadi prioritas utama dalam upaya penanganan keadaan darurat ini, sebab cuaca belum begitu baik saat ini,”jelasnya.

Jurnalis | Dani Saeputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *