Lagi, Karang Taruna kecamatan Siabu Gelar Sunat Massal Gratis

Nasional87 Dilihat
banner 336x280

POLISI NEWS | SIABU. Karang Taruna Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar sunatan massal (Khitan Masal) gratis. kegiatan yang ini merupakan agenda kedua Karang Taruna kecamatan Siabu untuk Khitan yg digelar di Aula kantor Camat Siabu, Jumat (22/12/2023).

“Pada Gelaran Khitanan ini kita mengkhitankan sedikitnya 5 anak setiap desa dan ada yang lebih dari desa-desa se- kecamatan Siabu Diperkirakan sampe sore ada 86 anak dan saat ini sudah 40 anak selesai di sunat. kegiatan ini bertujuan untuk membantu meringankan kebutuhan masyarakat serta untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah di kecamatan Siabu” Ungkap Ringgo Siregar Ketua Karang Taruna kecamatan Siabu di Aula Kantor Camat Siabu.

banner 336x280

Disampaikan Ringgo sebelumnya sudah pernah digelar sunat massal oleh karang Taruna Kecamatan Siabu pada bulan Juli 2023. Dikatakan Ringgo kedepannya semoga tercipta kerjasama yang sinergis antara karang Taruna dan masyarakat sehingga kegiatan seperti ini selalu diadakan tiap tahunnya.

Sebelum kegiatan khitan massal tersebut digelar terlebih dahulu di sosialisasikan kepada masyarakat melalui kader karang taruna di desa dan kepala desa se-kecamatan Siabu serta camat melalui undangan serta media sosial untuk mengirim anak-anak kurang mampu dari desa-desa di kecamatan Siabu untuk ikut Khitan serta dikabarkan kepada para kepala desa Se-Kecamatan Siabu untuk mengirim anak-anak yang mau di sunat.

“Khitanan massal (Sunat Massal) ini merupakan wujud kepedulian karang Taruna kecamatan Siabu kepada warga yang membutuhkan ” sambungnya.

Ringgo menambahkan khitan merupakan salah satu bagian dari syariat agama Islam yang wajib dilaksanakan bagi kaum laki-laki Muslim. Dalam hal ini, fungsi khitan dari sisi agama adalah untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah.

“Semoga setelah di khitan nanti anak-anak semakin sehat dan saleh. Khitan itu penting bagi kesehatan karena membuang bagian tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus, dan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan,” lanjut Ringgo.

Ringgo juga mengucapkan terimakasih kepada semua yang terlibat dalam acara ini yang meringankan waktu untuk suksesi acara tersebut. Kegiatan ini gratis untuk semua peserta sunat.

” Terimakasih kepada semua dermawan yang membantu kegiatan ini baik berupa sumbangan serta fasilitas. Terimakasih kepada bapak Bupati Madina, ketua Karang Taruna Madina, Camat Siabu, Kepala Puskesmas Siabu) petugas medis, Kapolres, Kapolsek Siabu, koramil 12 Siabu dan semuanya yang ikut berperan yang tidak bisa disebutkan namanya satu-persatu semoga Allah SWT membalas kebaikannya,” tutup Ringgo

Ditempat yang sama, Camat Siabu Syukur Soripada Memberikan apresiasi kepada karang Taruna kecamatan Siabu.

” Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini dan ucapan terimakasih kepada karang taruna semoga karang Taruna semakin jaya. Semoga kegiatan ini dan kegiatan sosial lainnya dapat digerakkan,” kata Camat Siabu

Hotmarina Warga Desa Bonan Dolok salah satu orang tua peserta sunatan massal memberi apresiasi kepada karang Taruna Kecamatan Siabu yang telah memberikan fasilitas sunatan massal gratis.

“Saya sangat berterimakasih atas adanya program pelayanan sunat massal ini, anak saya bisa disunat secara gratis. Semoga bapak Ringgo semakin sukses dan tiap tahunnya mengadakan kegiatan seperti ini,” timpalnya.

Jurnalis| Baharuddin Brutu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *