Kepala Desa dan Sekdes Desa Acol Menggunakan Dana Bumdes Untuk kepribadi

Berita Update120 Dilihat
banner 336x280

POLISI NEWS | KAB. BANDUNG. Pelaksanaan anggaran Bumdes di Desa Ancol Mekar, Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung, Jawa Barat tidak berjalan diduga uang tersebut dipakai oleh oknum kepala desa berinisial E. Selasa (20/05/2024)

Saat media Polisinews. konfirmasi berita ini kepad ketua Bumdes sudah berapa kali sulit ditemui, dengan berdalaih tidak berada di tempat.

banner 336x280

Padahla program Bumdes yang disetejui oleh Menteri Desa tentang anggaran izin legalitas Bumdes sebesar 15 juta dan untuk kantor Bumdes 50 juta. Dana tersebut pembangunan Desa Ancol Mekar, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung. Jawa Barat.

Seharus Dana Bumdes bisa dirasakan untuk kepentingan masyarakat dapat sejahtera. Bukan disalahgunakan untuk kepentingan pribadi Kepala Desa. Kalau dana disalahgunakan maka negara akan mengalami kerugian.

Hasil temuan media Polisinews.com ini, pihak Tipikor Polresta dan Polda Jawa Barat dan Kejaksaan Tinggi Banten segera menindaklanjuti oknum Kades dan ketua Bumdes tidak melaksanakan program Bumdes segera memanggl mereka dikalifikasi penggunaan dan Bumdes.

Di dalam Pasal 59 KUHP dinyatakan bahwa di dalam hal-hal di mana karena pelanggaran ditentukan pidana terhadap pengurus, anggota, badan pengurus, atau komisaris, maka pengurus, anggota, badan pengurus atau komisaris yang ternyata tidak ikut campur melakukan pelanggaran tidak dipidana.

Dalam tindak pidana korupsi di Bumdes bagi orang perseorangan dinyatakan bersalah dapat dijerat undang-undang Republik Indonesia No 31 tahun 1999 jo. Undang undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo pasal 55 ayat (1 ) KUHP, selain itu pengawasan yang dilakukan inspektorat pada Bumdes yang bersifat membina dan mengawasi penggunaan dana desa oleh Inspektorat Kabupaten.

Jurnalis | Team Polisi news

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *