Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose Menitik Beratkan Pentingnya Responsibility

Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose Menitik Beratkan Pentingnya Responsibility

POLISI NEWS | JAKARTA. Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose menghadiri Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XII Tahun 2021 sebagai pemateri yang dilaksanakan secara virtual dari ruang kerjanya di BNN, Cawang, Senin, (12/7)

Kepala BNN RI menyampaikan materi terkait Followership (Proses Integral Dalam Kepemimpinan) dan How To Be The Good Followership.

Dalam materinya BNN kali ini, Kepala BNN RI menjelaskan tentang Types Of Followers. Pada Types Of Followers ini terdapat Negative energy/passive dan Positive energy engaged, Selain itu terdapat pula mengenai Independent critical thinking dan Dependent uncritical thinking.

Selanjutnya, Jenderal bintang tiga ini menguraikan tentang tipe Followership diantaranya, Alienated Followers adalah tipe followership yang berpikiran secara kritis tetapi pasif atau tidak membangun dan selalu mengarah kepada Negative Thinking dan tidak mempercayai Leader. Berikutnya Conformist Followers aktif tetapi tidak berfikir kritis, tetapi peran Leader lebih dominan disini.

Selanjutnya ada Pragmatis Followers yaitu tipe followership yang tidak aktif tapi tidak pasif, kurang kredibilitas , leader lebih berperan, dan berkontribusi sesuai kemampuan. Passive Followers, merupakan tipe followership yang pasif dan tidak berpikir kritis, tidak memiliki komitmen, tidak berkontribusi, bersifat seperti bos (not follower).Dan yang terkahir adalah Exemplary Followers adalah tipe followership yang aktif dan kritis, fokus pada tujuan, teladan, inisiatif, berani dan memiliki integritas. Lanjut Kepala BNN RI menerangkan.

Sebagai Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose menitik beratkan pentingnya Responsibility Seorang Leader dan Responsibilty seorang Followers agar menciptakan korelasi yang positif dan saling mempengaruhi antara keduanya.

“Yang tahu adalah diri kita sendiri dan yang bisa memperbaiki diri kita adalah diri kita sendiri, teori-teori yang disampaikan adalah untuk mendukung apakah kalian sebagai leader atau sebagai followers”

Kepala BNN RI, Dr. Petrus Reinhard Golose juga membagikan pengalamannya hingga dapat mencapai pucuk kepemimpinan saat ini, Bagaimana ia menjadi Leader sekaligus Followers dalam menjalankan kepemimpinannya.

“Saya adalah orang yang senang Jual Beli, Terima Kasih, Down To Earth Work Smarter Not Harder . Hal itu merupakan prinsip setengah Leader setengah Followers yang harus kita lakukan sehingga korelasi antara leader dan followers akan berjalan dengan baik,” ungkapnya.

“Inti sarinya adalah kemampuan dan kemauan kita untuk mengikuti, untuk menjadi pengikut dan How To Be a Good Followers,” pungkas Kepala BNN.

Jurnalis | Mulyadi

Jurnalis Polisi News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top