Kelompok Tani Langkat Memanfaatkan Kotoran Sapi Jadi Bio Gas dan Pupuk

Kelompok Tani Langkat Memanfaatkan Kotoran Sapi Jadi Bio Gas dan Pupuk

POLISI NEWS | LANGKAT. Petani asal Desa Teluk Kecamatan Sicanggang Kabupaten Langkat Sumatera Utara manfaatkan kotoran sapi untuk dijadikan bio gas dan pupuk organik. Karena dampak kesehatan terhadap kotoran sapi bisa merusak Lingkungan, Selasa (31/08/2021).

Sumarno Ketua Kelompok tani menjelaskan, “Ditengah kondisi Covid -19 ini, kita harus bisa manfaatkan kotoran sapi jadi bio gas dan pupuk organik. Karena dampak kesehatan terhadap kotoran sapi bisa merusak lingkungan. Jadi kita utamakan kesehatan masyarakat dengan manfaatkan kotoran sapi ternak milik warga Desa Teluk Kecamatan Socanggang bisa jadi nilai ekonomis tinggi untuk di olah jadi bio gas dan bisa di gunakan untuk memasak ibu rumah tangga dan sisa kotorannya dijadi kan pupuk organik padat mau pun cair, “ujarnya.

Sumarno minta pada pemda Langkat agar lebih memperhatikan kelompok Desa Teluk Dusun Lubuk Rotan I. Dan dapat membantu untuk berjalan program masyarakat yang diprakasai olehnya.

Saat ini kelompok tani miliknya bekerjasama dengan Yayasan Bitra Indonesia Kota Medan untuk manfaatkan kotoran sapi jadi bio gas dan pupuk organik.

Betapa penting memperdayakan masyarakat dalam pengolah kotoran dari kotoran sapi menjadikan nilai tambah. Apalagi saat ini indonesia lagi dilanda pandemi Covid-19.

Jurnalis | Muslim Yusuf

Jurnalis Polisi News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top