Kapolres Kuningan Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Malam Tahun Baru 2022

POLISI NEWS | KUNINGAN. Bertempat di Jl. Siliwangi depan Masjid Syiarul Islam atau tepatnya di Taman kota Kuningan, Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, S.I.K., M.Si memimpin Apel Kesiapan Pengamanan Malam Tahun Baru 2022, Jumat sore (31/12/21).

Selain dihadiri para PJU Polres Kuningan, kegiatan apel juga dihadiri oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, S.H.,M.H, Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi David Nainggolan, S.T., Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Negeri, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kuningan, Dan Subden Pom III / 3-6 Kuningan, Kasat Pol PP, Kadishub, Kalak BPBD, Kepala UPTD Damkar, Kabid P2P Dinkes, Ketua Senkom dan Ketua Rapi Kab. Kuningan.

Dalam amanatnya, Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, S.I.K., M.Si, menyatakan tujuan dilakukannya kegiatan Apel Kesiapan Pengamanan Malam Tahun Baru 2022 adalah dalam rangka memberikan dan menjamin rasa aman kepada masyarakat Kab Kuningan dalam rangka menyambut malam tahun baru 2022.

“Dari tahun ke tahun, setiap acara pergantian malam Tahun baru selalu menimbulkan potensi gangguan keamanan. Oleh karena itu kita semua berkumpul disini untuk bersinergi dalam melakukan pengamanan yang terintegrasi, menentukan konsep dan pola-pola pengamanan yang efektif dan efisien, guna menjamin terpeliharanya Kamtibmas khususnya di wilayah Kab Kuningan”, terang Kapolres.

Ditambahkan Kapolres, bahwa Covid-19 dalam perkembangannya terus bermutasi, sehingga berdasarkan informasi yang kita terima pada minggu lalu, sudah ada 46 warga masyarakat yang terinfeksi Covid-19 varian baru yaitu varian Omicron. Untuk itu kegiatan apel ini menurut Kapolres adalah secara bersama-sama, berintegrasi, dalam rangka mewujudkan soliditas, sehingga varian virus baru tersebut tidak bisa masuk ke wilayah Kab Kuningan.

“Pedoman pengamanan yang kita gunakan saat ini adalah Inmendagri No. 66 tahun 2021 yang sudah tidak mengatur mengenai larangan mudik dan penyekatan, namun mengatur mengenai penerapan Prokes yang perlu ditingkatkan dan pengetatan dalam arus mobilisasi kendaraan bermotor, terutama angkutan jalan peserta mudik,” tambahnya.

Lebih jauh Kapolres juga menyatakan bahwa dalam kegiatan pengamanan pergantian malam tahun baru, pihaknya juga melibatkan ormas-ormas keagamaan yaitu umat muslim untuk saling bahu membahu dalam menjamin keamanan serta soliditas internal dan eksternal. Karena menurutnya pada saat pergantian malam tahun baru merupakan penjagaan paling krusial untuk menjaga agar jangan sampai ada celah untuk virus varian baru memasuki wilayah Kab Kuningan.

Di akhir amanatnya, Kapolres menyatakan dalam kegiatan pengamanannya, akan dilakukan upaya preemtif, preventif maupun represif. Artinya himbauan tetap kita berikan dengan menggunakan alat pengeras suara dan akan melakukan tindakan-tindakan yang soft approach atau penegakan hukum adalah upaya paling akhir.

“Kami akan memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap saling menjaga dan untuk tetap dirumah saja. Laksanakan libur Natal dan Tahun Baru untuk berkumpul bersama keluarga maupun sanak famili, karena sangat beresiko dan berdampak sangat buruk bagi kita semua”, pungkasnya.

Dalam kegiatan apel itu, Polres Kuningan menurunkan masing-masing 1 pleton Satgasres Preventif – Preemtif (Sat Samapta dan Sat Binmas), Personel Pos Pam, Personel Pam Gereja, Satgasres Gakkum – Preemtiv (Sat Reskrim, Resnarkoba dan Sat Intelkam), Sub Den Pom III/3-6 Kuningan – Provost Polres Kuningan, Kodim 0615 Kuningan, Dishub Kab Kuningan dan Sat Pol PP Kab Kuningan. Sementara masing-masing 1 regu berasal dari Dinkes Kab Kuningan, BPBD Kab Kuningan, Damkar Kab Kuningan, Senkom Kab Kuningan dan RAPI Kab Kuningan.

Jurnalis | Dedin | Humas Polres Kuningan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Menyambut Pergantian Tahun Kaposlek Karawang Kota Menghimbau Tetap di Rumah
Next post Polres Kuningan Gelar Rilis Akhir Tahun 2021