Kakanwil Kemenag Kalimanta Barat Adakan Dialog Pemuda Lintas Agama

Kakanwil Kemenag Kalimanta Barat Adakan Dialog Pemuda Lintas Agama

PONTIANAK I POLISI NEWS. Kantor wilayah kementerian agama Provinsi Kalimantan Barat adakan kegiatan dialog pemuda lintas agama. Kegiatan yang di ikuti oleh perwakilan dari 6 agama ini di buka langsung oleh Bpk H. Rohadi, A.Ag., m.si selaku kepala bagian Tata Usaha Subbag Ortala dan KUB. Bertempat di Hotel Orchadz Jl. Perdana.

H. Rohadi menyampaikan dalam sambutannya, kegiatan dialog ini menghadirkan kurang lebih 50 peserta dari Organisasi/Ormas Kepemudaan, Keagamaan, Etnis, dan Komunitas Pemuda Lintas Iman yang berada di Kalbar dan mewakili dari 10 Kabupaten/Kota yang berada di Kalimantan Barat.
Kegiatan ini, Berlangsung dari tanggal 3-5 Februai 2021, sedangkan untuk beberapa kabupaten/kota yang tidak di undang, karena letak geografisnya yang terlalu jauh, serta kondisi yang masih Pandemi Covid-19 juga menjadi alasan terkait mengenai tidak di hadirkan nya 4 Kabupaten ini. Kegiatan ini mengusung tema “Dengan Dialog Dan Komunikasi Yang Baik, Mari Rawat Suasana Rukun Damai Diantara Sesama”. Dalam kegiatan dialogi ini pun, sudah mengikuti Protokol Kesehatan dengan ketat, dimana para peserta diharus melakukan tes kesehatan dan membawa surat kesehatan dari puskesmas atau Rumah Sakit setempat.

“Para hadirin dan peserta yang berhagaia, beragama adalah hak asasi setiap warga negara, dimana setiap orang bebas menganut agama serta beribadat menurut agama dan kepercayaannya masing-masing, sebagaimana tertuang dalam Undang-undang 1945 pasal 29 ayat 1 dan 2,” jelasnya.

Dalam sambutannya, H. Rohadi mengingatkan kepada peserta, “Jaman sekarang teman-teman pemuda harus bisa mengendalikan diri dengan posisi yang sebaik-baiknya, terutama terkait mengenai aktifitas teman-teman di media sosial, jangan sampai teman-teman kebablasan sehingga menjadikan teman-teman bisa berurusan dengan hukum, hanya karena satu dua petikan jari itu menjadi petaka,” tuturnya.

Selain itu, H. Rohadi menambahkan “Dalam soal chattingan jangan teman-teman mengira hal itu aman-aman saja, sebab chattingan teman-teman dalam hitungan detik sudah terekam oleh server sehingga kalau ada teman-teman yang suka mengirimkan suatu hal-hal yang bandel itu mudah sekali untuk menjadi bahan para oknum dalam menjatuhkan teman-teman semuanya.

Dalam kegiatan ini, saya berharap teman-teman harus bisa memahami hal itu, dan tolong lebih ditingkatkan dan di perbaiki pola pikir yang buruk, taburkan benih benih keimanan dalam setiap keputusan yang ingin kita ambil ” Tutur Rohadi dalam kata sambutannya (5 Februari 2021).

Pesan saya terkahir, untuk para pemuda yang mengikuti kegiatan dialogi ini, untuk terus meningkatkan kemampuan diri dalam membangun pondasi spiritual dan di baringi dengan kemampuan untuk menjawab tantangan globalisasi yang lebih tertatan, tutupnya.

Tim Liputan : Suhedi

Jurnalis Polisi News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top