Diduga Ketua Karang Taruna Desa Parakan Telah Melegalkan Pungutan Liar 

Nasional167 Dilihat
banner 336x280

POLISI NEWS | SERANG. Ketua Karang Taruna Desa Parakan, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang ada dugaan penyalahangunaan wewenang atau jabatan. Pasalnya melegalkan pungutan liar (Pungli) dengan mencetak kwitansi untuk pembayaran bongkar muat di PT. Wahana Pemunah Limbah Industri (WPLI). Rabu (12/07/2023).

Perjanjian kesepakatan secara tertulis tersebut, salah satu point dengan mengeluarkan kwitansi bongkar muat dengan nominal Rp.50.000;/mobil yang masuk ke lokasi PT. WPLI. Adanya barang bukti sobekan kwitansi yang ditemukan.

banner 336x280

Sementara, salah seorang sopir yang tidak mau namanya ditulis mengatakan, “Saya merasa keberatan, pak. Kenapa bongkar muat dikenakan biaya sebesar Rp.50.000 oleh Karang Taruna, “ucapnya.

Dengan adanya dugaan pungli bongkar muat yang dikeluarkan oleh Ketua Karang Taruna yang berinisial SA, tidak mengacu pada Peraturan Daerah (PERDA) kabupaten Serang Nomor 1 Tahun 2022 Retribusi Perizinan tertentu. Tidak diperbolehkan Karang Taruna mengambil restribusi daerah dan harus seizin Pemda setempat.

Dalam UU No. 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, peraturan presiden No. 87 Tahun 2016 Tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar.

Jurnalis | Dani Saeputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *