Desa Babadan Mengadakan Kegiatan Sedekah Bumi Dalam Jaga Adat Istiadat

Desa Babadan Mengadakan Kegiatan Sedekah Bumi Dalam Jaga Adat Istiadat

POLISI NEWS | CIREBON. Hal tersebut merupakan tradisi sedekah bumi yang dimaknai sebagai wujud syukur kepada Tuhan yang telah memberikan hasil bumi melimpah. Namun demikian Pemerintah Desa Babadan Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, melaksanakan kegiatan Sedekah Bumi. Selasa ( 16/11/2021 )

Dalam kegiatan ini kami Hanto selaku Kuwu Desa Babadan, dengan adanya acara sedekah bumi semoga masyarakat Babadan selalu rukun, damai  serta saling gotong royong untuk memajukan Desa Babadan.

Acara sedekah bumi di tahun 2021 ini yang sebelumnya dilaksanakan oleh sesepuh saya dulu, untuk menjungjung tinggi nilai adat istiadat di Desa Babadan bersyukur kepada Allah SWT.

“Bahwa kita Pemerintah Desa serta Masyarakat Desa Babadan dalam rangka Sedekah Bumi (sedekahe ning bumi), yang mana artinya kita hidup diatas bumi, tutur Kuwu Hanto Desa Babadan.

“Alhamdulillah di tahun 2021 ini Pemerintah Desa bisa mengadakan sedekah bumi dalam rangkain acara tahlil atau tawasul di makam Ki Gede Mayung Dan syekh Hadi, serta acara tanggap Adat Budaya Wayang Kulit. Untuk menjalin tali silaturrohmi antara Pemerintah Desa dengan tokoh tokoh masyarakat dan lembaga Desa, hal itu juga untuk melestarikan adat istiadat budaya wayang kulit, jika tidak dilestarikan tanggap wayang kulit dalam acara sedekah bumi di Desa dan acara ngunjung Buyut maka sedikit demi sedikit budaya wayang akan punah,”imbuhnya

Kami Kuwu Desa Babadan sangat berterima kasih banget kepada masyarat yang sangat antusias sekali serta bergotong royong dengan adanya kegiatan tersebut, bahkan masyarakat juga guyub dan punya inisiatif sendiri membawa sedakah nasi tumpeng serta makanan ringan, Hanto juga berpesan kepada masyarakat agar selalu mamatuhi protokol kesehatan. Pungkasnya

Jurnalis| Agung

Jurnalis Polisi News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top