Camat Badiri Himbau Warga Deteksi Dini Kanker Serviks Dengan Pemeriksaan IVA

Nasional343 Dilihat
banner 336x280

POLISI NEWS | TAPTENG. Sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap peningkatan kesehatan perempuan di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) khususnya di Kecamatan Badiri, sekaligus menekan jumlah penderita kanker serviks dengan deteksi dini, Camat Badiri, Ahmad Saufi Pasaribu dan Ketua Tim Pengerak PKK, Ny. Lispi Ahmad Saufi Pasaribu bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Hutabalang membuka pemeriksaan IVA secara gratis.

Camat Badiri, Ahmad Saufi Pasaribu menuturkan bahwa kanker serviks merupakan salah satu kanker yang mematikan yang dapat terjadi kepada wanita, sehingga sangat perlu dilakukan deteksi dini.

banner 336x280

“Jenis kanker ini termasuk penyakit yang mematikan nomor dua pada wanita setelah kanker payudara. Untuk itu kita menghimbau agar warga kita dapat melakukan pemeriksaan IVA,”ujar Saufi.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Lispi Ahmad Saufi Pasaribu menyampaikan bahwa kaum wanita di Kecamatan Badiri diminta untuk peduli atas kegiatan IVA test yang dibuka di UPTD Puskesmas Hutabalang.

“IVA test adalah salah satu metode untuk mengetahui kanker serviks sejak dini yang efesien, efektif, dan ini gratis tidak dipungut biaya sama sekali,”kata Lispi.

“Metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) ini perlu dilakukan wanita yang sudah melakukan hubungan badan (seksual,red). Terutama pada usia 30-50 tahun, pemeriksaan bertujuan untuk menemukan lesi prakanker dan mengetahui adanya perubahan sel kanker rahim,”tambah Lispi.

Lispi menuturkan jam kerja pelayanan IVA test yang dibuka di UPTD Puskesmas Hutabalang sejak pukul 08.00-12.00 WIB.

“Syaratnya, sudah menikah/sudah punya anak/sudah berhubungan seksual, berusia maksimal 30-50 tahun, tidak sedang haid, tidak sedang hamil, tidak melakukan hubungan seksual 24 jam sebelum pemeriksaan serta membawa foto kopi KTP dan KIS/BPJS,”tutupnya.

Jurnalis | Alisama SDB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *