Bupati Melawi, Panji , S.sos membuka acara PRA RAT CU Keling Kumang Tahun 2020

Bupati Melawi, Panji , S.sos membuka acara PRA RAT CU Keling Kumang Tahun 2020

MELAWI I POLISI NEWS. Buku 2020 area IV dengan tema “Menghadapi Revolusi Industri 4.0 di Tengah Pandemi” yang diadakan di Wisma Emaus Nanga Pinoh, Sabtu (16/01/21).

Hadir pada kegiatan tersebut Valentinus selaku CU Keling Kumang, pengurus dan berserta anggota. PRA Rapat Anggota Tahunan area IV juga berlangsung secara virtual guna memudahkan anggota yang berlokasi di Rumah Sepan, Batu Buil, Langan, Piawas, Kota Baru, Sayan, Ella dan Mendukung untuk mengikuti acara di tengah kondisi covid-19.

Dalam sambutannya, CU Keling Kumang, Valentinus menyampaikan pada tahun 2020, CU Keling Kumang telah berinovasi dengan melakukan pengadaan 12 mesin ATM tanpa kartu yang tersebar di 5 Kabupaten dan 1 Kota di Kalimantan Barat. Dia juga menambahkan, CU Keling Kumang juga telah memperkenalkan aplikasi Keling Kumang Mobile yang diharapkan dapat mempermudah anggota untuk melakukan aktivitas keuangan dihari libur dan bisa melakukan transfer antar bank.

Dalam kondisi pandemi pada tahun 2020 sangat berdampak pada aktivas keuangan terutama pada pinjaman yang beredar yang mengalami penurunan dari tahun 2019 sebesar 72% menjadi 61,33% pada tahun 2020.

Menurutnya, dengan kondisi yang belum stabil dikarenakan pandemi bimbingan kepada anggota harus tetap berjalan dan dapat dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom.

Dengan banyaknya kegiatan yang berbasis internet, Valentinus juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah bekerja sama dengan CU Keling Kumang dalam pemasangan listrik tenaga angin dan tenaga surya di 14 desa di Kabupaten Melawi.

Sementara itu, Bupati Melawi, Panji, S.sos dalam sambutannya menyampaikan apresiasi peran CU Keling Kumang selama ini khususnya perannya dalam ikut membantu perekonomian masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi peran CU Keling Kumang selama ini, karena CU Keling Kumang telah ada membawa kesejahteraan yang cukup nyata di tengah – tengah masyarakat kita, apalagi di masa pandemi seperti saat ini”, ungkapnya.

Panji juga menyampaikan harapannya kepada CU Keling Kumang agar meningkatkan kinerjanya supaya dapat mengikuti dinamika dan tantangan yang terjadi terutama pada kondisi pandemi seperti sekarang.

“Kemampuan CU mengikuti perkembangan IT patut dibanggakan karena bertujuan untuk membangun manajemen, administrasi, ekonomi dan pelaporan, jika tidak menggunakan IT bisa satu langkah ketinggalan”, ungkapnya.

Dia juga menambahkan Internet menjadi salah satu sarana yang dapat merangkul masyarakat yang berada di desa – desa terpencil, dengan internet anggota di desa mendapatkan informasi dan kesempatan yang sama. Dengan segala tantangan ekonomi dan keuangan, Panji kembali mengingatkan untuk kembali pada jati diri sebagai anggota CU.

“Jangan terlepas dari semangat, visi dan misi terutama berkaitan dengan hal yang bersifat konsumtif tetapi menjadi anggota yang produktif”, ungkapnya.

Tim Liputan : Aldi Ramadan
Sumber:humas pemerintah kabupaten Melawi

Jurnalis Polisi News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top