Bupati Bandung Kembali Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Nasional116 Dilihat
banner 336x280

POKISI NEWS| KAB. BANDUNG.  Bupati Bandung Dadang Supriatna kembali meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

Penghargaan tersebut diberikan atas prestasi Pemkab Bandung sebagai Pemerintah Daerah Terbaik dalam Percepatan Pemanfaatan Utilisasi Pusat Data Nasional 2023.

banner 336x280

Penghargaan diterima oleh Bupati Dadang Supriatna pada kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kolaborasi Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Nasional yang diikuti oleh Pemerintah Daerah se-Indonesia di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Dadang dinilai berhasil menunjukkan komitmennya untuk mendorong jajaran Pemkab Bandung untuk menerapkan e-Government melalui penerapan SPBE di seluruh instansi pemerintahan dengan memanfaatkan akses Pusat Data Nasional sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT. Tentunya ini merupakan penghargaan yang luar biasa dari pemerintah pusat untuk Pemkab Bandung. Penghargaan ini patut kita syukuri,” ujar Bupati Dadang Supriatna usai menerima penghargaan dikutip Rabu (18/10).

Sebagai informasi, Pusat Data Nasional (PDN) adalah inisiatif yang sedang dikembangkan oleh Kementerian Kominfo yang bertujuan untuk mendukung pemerintahan berbasis digital dan meningkatkan efisiensi layanan publik.

Menurut Dadang, Pemkab Bandung sendiri dinilai berhasil menerapkan konsep digital government melalui pemanfaatan PDN sehingga dapat memberikan pelayanan publik yang lebih efisien, efektif, transparan, dan mendorong implementasi kebijakan berbasis data.

Pemanfaatan PDN bertujuan untuk meningkatkan efisiensi layanan publik dengan menerapkan konsep digital government.

“Dengan adanya pemanfaatan PDN, proses pelayanan publik dapat dilakukan secara lebih cepat, efisien, dan transparan, sehingga masyarakat dapat memperoleh layanan yang lebih baik,” ujar politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut.

 

Selain itu, pemanfaatan PDN dapat menjadi infrastruktur penting untuk mendukung pengembangan ekonomi digital. Perusahaan dan start-up teknologi dapat mengakses data dan sumber daya yang diperlukan untuk mengembangkan inovasi dan solusi digital yang berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi.

“Melalui penerapan konsep digital government memungkinkan pemerintah daerah untuk mengambil kebijakan yang lebih baik karena berbasis data yang akurat dan terpercaya,” kata Kang DS, sapaan karibnya.

Dadang Supriatna yang juga Ketua DPC PKB Kabupaten Bandung mengaku bangga atas penghargaan kelas nasional yang kembali diraihnya tersebut. Ia ingin mempersembahkan penghargaan tersebut bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bandung.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung tak lupa mengucapkan apresiasi kepada Dinas Kominfo Kabupaten Bandung, para Kepala OPD dan ASN di lingkungan Pemkab Bandung beserta seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bandung.

“Mudah-mudahan penghargaan ini semakin menambah motivasi kita semua untuk lebih meningkatkan kinerja dan ikhtiar untuk melayani masyarakat Kabupaten Bandung,” ujar Kang DS sapaan akrab Dadang.

Penghargaan dari Kementerian Kominfo tersebut merupakan penghargan ke-206 yang diraih Bupati Bandung Dadang Supritna ketika menjabat Bupati Bandung selama dua tahun lima bulan.***

Jurnalis | Wahyu A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *