BNN Melaksanakan Diklat Investigasi Tahun 2021

Inspektorat Utama BNN melaksanakan Diklat Investigasi mulai tanggal 18 sampai dengan 22 Januari 2021. Diklat Investigasi dibuka oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi . Pada kesempatan tersebut Deputi mengatakan, bahwa diklat ini dirancang untuk memberikan bekal kepada peserta auditor Inspektorat Utama BNN dengan pemahaman secara komprehensif tentang tugas-tugas keinvestigasian mulai dari perencanaan sampai dengan penerbitan laporan.

Dalam sambutannya, Deputi mengatakan pelaksanaan Diklat Investigasi memerlukan pengetahuan lebih dari sekedar pelaksanaan audit, dan harus dikembangkan dengan banyak menggali pengetahuan dari sisi audit dan hukum untuk meresapi alur dari pelaksanaan investigasi. Sebelum ketuk palu sebagai tanda dibukanya pelaksanaan diklat, Deputi mengharapkan agar para peserta auditor Inspektorat Utama BNN mengikuti diklat dengan tertib dan penuh tanggung jawab sehingga memperoleh gambaran yang cukup tentang audit investigasi dan selanjutnya dapat diterapkan dan dilaksanakan dalam kegiatan sehari-hari.

Kecurangan yang terjadi dalam proses kegiatan operasional  akan berdampak pada kurangnya keandalan laporan keuangan. Kecurangan pada kegiatan operasional  haruslah mampu untuk diteksi dan dicegah agar Instansi BNN tidak mengalami kerugian yang besar. Sehingga  ketika sudah mendapatkan indikasi adanya kecurangan akan melakukan penelusuran atau pemeriksaan yang mendalam untuk mengungkap apakah yang terjadi atau siapa yang melakukan kecurangan tersebut.

Pemeriksaan yang mendalam dan menyeluruh pada sebuah kasus inilah yang disebut dengan audit investigasi. Sehingga pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada karyawan untuk dapat mengidentifikasi, mendeteksi dan mencegah adanya kecurangan.

Setelah mengikuti Diklat ini, diharapkan peserta auditor Inspektorat Utama BNN dapat mengidentifikasi, menyususun program kerja untuk mengungkap kecurangan serta dapat menyusun pengendalian agar tidak terjadi kecurangan.

Tim Liputan : Humas BNN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Kepala BNN RI Minta Pejabat Baru Bisa Bawa BNN Lebih Dipercaya dan Dicintai Masyarakat
Next post Kepala BNPT Menghadiri Koordinasi Tahunan dan Evaluasi Pencegahan dan Pemberantasan TPPU TPPT di Indonesia