Belasan Pemuda Tercebur di Kali Akibat Warung Makan Ambruk

Nasional244 Dilihat
banner 336x280

POLISI NWS | JAWA TENGAH. Belasan pemuda yang sedang makan Warung Tegal (Warteg) yang kawasan Desa Kebon Sawahan Juwana Pati, Jawa Tengah itu tiba-tiba ambruk lantaran kayu penahannya tak kuasa menahan beban. Kejadian ini terjadi pada Kamis (29/04/2021) kemarin.

Akibat seluruh tubuh basah dengan iar comberan, karena posisi warteg di atas kali. Beban berat tidak bisa menahan jumlah pemuda yang sedang makan siang berubah jadi canda tawa dari sebagian pemuda tercemplung ke kali dengan baju penuh lumpur. Atas kejadian tersebut tidak memakan korban.

banner 336x280

Seperti diketahui, warteg tersebut tepat berada di atas kali yang bukan diperuntukan untuk bangunan apa pun, setiap bangunan paling dekat harus berjarak 3 meter dari bibir sungai. Dengan adanya bangunan yang berfungsi sebagai hunian atau rumah makan dapat mengganggu aliran sungai, karena pasti kita akan membuang sampah disungai.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Pengairan serta Peraturan Pemerintah No.38/2011 tentang Sungai. Aturan tersebut menegaskan, 10-20 meter dari bibir sungai atau sempadan dilarang untuk dibangun. Sebab, sungai termasuk sempadan, yang artinya adalah milik negara.

Untuk itu Dinas DAS Pati, Jawa Tengah segera menertibkan rumah makan yang ada di atas kali. Karena bisa membayakan pembeli juga pemlik rumah makan.

Tim Liputan | Muhamam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *