Bank Sampah Dapat menghasilkan Uang dan Menjaga Lingkungan

Bank Sampah Dapat menghasilkan Uang dan Menjaga Lingkungan

POLISI NEWS | KARAWANG. Satu Program dalam upaya pengelolaan lingkungan yang ada di Kab. Karawang dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih. Program bank sampah ini telah dilakukan oleh Kelurahan Tanjung Mekar Kec. Karawang Barat.

Program  Bank Sampah adalah suatu strategi penerapan 3R dalam pengelolaan sampah ditingkat masyarakat, dengan menyamakan kedudukan sampah serupa dengan uang atau barang yang berharga yang dapat ditabung. 

Masyarakat dididik untuk menghargai sampah sesuai jenis dan nilai sehingga mereka mau memilah sampah. Bank Sampah mengubah sudut pandang Masyarakat bahwa sampah mengandung potensi ekonomi (economic opportunity) kerakyatan.

Dengan adanya bank sampah akan mendapat penghasilan tambahan dari tabungan di bank sampah. Disamping itu akan  terwujud  pembangunan lingkungan yang bersih dan hijau guna menciptakan masyarakat yang sehat.

Kelurahan Tanjung Mekar Kec. Karawang Barat mendirikan bank sampah itu sendiri adalah 1. untuk memecah  permasalahan sampah yang sampai saat ini belum juga  bisa teratasi dengan baik, 2. membiasakan warga agar tidak  membuang sampah sembarangan, 3. memotivasi   warga agar mau memilah sampah sehingga lingkungannya  bersih, 4. memaksimalkan pemanfaatan barang bekas dengan menanamkan pemahaman pada masyarakat bahwa barang bekas bisa berguna, dan 5. Mengurangi jumlah barang bekas yang terbuang percuma.

Sedangkan manfaat dari  Program Bank Sampah itu sendiri adalah, mengurangi jumlah sampah  di lingkungan masyarakat, menambah penghasilan bagi  masyarakat, menciptakan lingkungan yang bersih dan  sehat dan memupuk kesadaran diri masyarakat akan  pentingnya menjaga dan menghargai lingkungan hidup.

Inilah salah satu alternatif untuk memecahkan masalah sampah dan sekaligus ikut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan yang pada akhirnya berdampak baik untuk bumi ini. Sekecil apa pun yang kita lakukan untuk bumi ini, pasti akan berdampak besar bagi kelangsungan bumi itu sendiri.  

Program bank sampah yang di gagas oleh kelurahan tanjung mekar ini .ada 15 yunit roda dan satu buah motor cator untuk menarik sampah yang ber ada di lingkungan kelurahan tanjung mekar .

Dangan adanya pengadaan bak sampah murni dari pihak kelurahan, karena punya kebijakan untuk menata lingkungan agar kelurahan yang ada di Tanjung Mekar, tetap bersih. Karena daerah tersebut sangat stategis disamping merupakan titik perbatasan dengan bekasi.

“Dengan ada bank sampah maka maka pembuangan tidak ke jalupang agar kader -kader bank sampah untuk dapat milah -milah dari sampah organik maupun non organik untuk dapat diplah para oleh kader bank sampah. Dan setiap ke RW dapat 1 unit roda untuk menarik sampah dilingkungan masyarakat,”ungkap Ketua RW Nur Wijaya, (31/12).

Jurnalis | Asman S

Jurnalis Polisi News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top