APH Tidak Tegas Penambang pasir Ilegal Dikawasan Spadan Pantai Cimandirilaut

Nasional353 Dilihat

POLISI NEWS | LEBAK. Aparat penegak hukum (APH) diminta segera tindak tegas pelaku penambang pasir ilegal di kawasan Spadan Pantai Cimandirilaut Desa Situregen, Kecamatan Panggarangan.

Hasil penulusuran oleh awak media banyak sekali kemah berdiri beserta ribuan karung berisi pasir laut. Berdasarkan keterangan warga ketika ditemui oleh awak media memaparkan maraknya aktivitas penambangan pasir laut sudah lama terjadi.

banner 336x280

“Kami sebagai warga sesungguhnya menolak keras kegiatan penambangan pasir tersebut, tapi tak berdaya untuk melakukan pencegahan,”ungkap RW warga setempat,

Di tempat yang sama Kepala Desa Situregen saat dikonfirmasi oleh beberapa awak media menjelaskan, “Saya sendiri selaku kepala Desa Situregen, Kecamatan Panggarangan, sudah berupaya menegur pihak penambang namun tidak digubris. Namun sampai saat ini penambang tetap masih beroperasi di Spadan Pantai Cimandirilaut, “ujar kepala Desa Situregen kecamatan Panggarangan kepada tim awak media Rabu (2/8/2023).

Penambangan pasir di laut dilarang dilakukan di laut sebagaimana diatur dalam UU 27 tahun 2007 dan direvisi dengan UU 1 tahun 2014, dimana dalam pasal 35 dilarang melakukan penambangan pasir, jika dapat merusak ekosistem perairan. Pasal 35 ayat 1, melakukan penambangan pasir pada wilayah yang apabila secara teknis, ekologis, sosial, dan/atau budaya menimbulkan kerusakan lingkungan dan/atau pencemaran lingkungan dan/atau merugikan masyarakat sekitarnya.

Selain itu, bagi pelaku terancam sangsi pidana juga dijerat dengan pasal 55 ayat (1) ke-1e KUHPidana serta pasal 158 Undang-Undang nomor 3 Tahun 2020 tentang perubahan atas Undang-Undang nomor 4 Tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara dengan ancaman 5 tahun penjara dan denda Rp 100 miliar.

Jurnalis | Tim Polisi News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *