Antisipasi dan Pemadaman Karhutla Kodim 1207/BS Adakan Patroli Gabungan

Antisipasi dan Pemadaman Karhutla Kodim 1207/BS Adakan Patroli Gabungan

KUBU RAYA | POLISI NEWS. Kodim 1207/BS kembali lagi menggelar Apel Gabungan dalam rangka kesiapan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang dilaksanakan di Makoramil 1207-05/Sungai Raya Jl. Adi Sucipto Kec. Sungi Raya, Kab. Kubu Raya, Kalimantan Barat. Minggu, ( 21/02/2021).

Apel Gabungan dalam rangka kesiapan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan ini dipimpin oleh Pa Sandi Kodim1207/BS Letda Inf Edison Sianturi dan melibatkan 60 orang personel yang terdiri dari Kodim 1207/BS 30 orang, Kikav 12/MDC 20 orang dan personel Denmadam XII/Tpr 10 orang.

Usai Apel pengecekan Tim Patroli yang terdiri dari anggota Kodim 1207/BS, Kikav 12/MDC dan Motoris Denmadam XII/Tpr di bagi menjadi 2 Tim, yang mana Tim 1 jumlah 30 orang dipimpin oleh Danton Kikav 12/MDC dengan sasaran patroli Desa Sungai Raya Dalam Kec. Sungai Raya, sedangkan Tim 2 jumlah 30 orang dipimpin oleh Pa Sandi Kodim 1207/BS dengan sasaran patroli Desa Limbung Kec. Sungai Raya.

Kedua Tim Patroli bergerak menuju sasaran yang telah ditentukan dan menyelusuri serta mendata wilayah yang dianggap sangat rawan terjadinya kabakaran, terutama sasaran yang berdekatan dengan wilayah Bandara Internasional Supadio yang apabila terjadi karhutla dan mengakibatkan kabut asap yang dapat mengganggu aktifitas penerbangan.

Patroli ini juga dilaksanakan terkait dengan adanya beberapa titik api yang timbul di wilayah Kecamatan Sungai Raya akibat dibakar oleh masyarakat untuk membuka lahan pertanian dan perkebunan.

Pa Sandi Kodim 1207/BS mengatakan, “Hasil pengecekan dan pendataan di lokasi yang telah terjadi karhutla, kebanyakan ditemukan tinggal mengeluarkan Asap, namun masih ada yang kembali timbul Api yang bisa menyebar dan mengakibatkan kebakaran lagi, seperti yang ditemukan di beberapa titik sekitar lokasi Gedung Sekolah SMA N 4 yang berada di Desa Limbung,” ujarnya.

Ia juga menambahkan Tim Patroli Gabungan Kodim 1207/BS akan terus meningkatkan kewaspadaan dengan rutin melaksanakan patroli gabungan guna pencegahan dan penanggulangan Karhutla yang terjadi di wilayah Kab. Kubu Raya.

Tim Liputan : Suhedi
Sumber : Pendim 1207/BS

Jurnalis Polisi News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top