Akibat Longsor Rumah Seorang Lansia Terancam Hanyut

Nasional285 Dilihat
banner 336x280

GARUT | POLISI NEWS. Bibir tebing setinggi 10 meter longsor di kampung Tajursela RT 03/ RW 03 Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut. Senin, (08/03/2021) malam tadi.

Menurut ketua RT setempat, Ihin yang rumahnya disekitar lokasi mengungkapkan, peristiwa longsor tersebut terjadi sekitar pukul 21.00 WIB, Senin malam.

banner 336x280

Anggota satuan TAGANA Kabupaten Garut, Asep Nursalim menerangkan, “Hujan deras yang mengguyur wilayah Garut dan sekitarnya, membuat tebing setinggi kurang lebih 10 meter tersebut longsor dan mengancam salah satu rumah,” terang Asep kepada Wartawan saat wawancara di lokasi longsor. Selasa,(09/03/2021).

Salah satu rumah yang terancam amblas adalah rumah milik seorang janda lansia, Acih (60) Warga Kampung Tajursela RT 03/ RW 03 Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, yang berada sekitar 2-3 meter dari titik longsor.

Mendengar hal tersebut, Camat Wanaraja, Mia Herlina.S.STP.M.SI langsung sigap terjun ke lokasi untuk meninjau titik longsor beserta mengecek rumah yang terancam amblas.

” Puing-puing material longsoran tersebut menyumbat saluran air kali yang tepat berada dibawah titik longsor,harus secepatnya dibersihkan,” ungkapnya.

Mia juga menghimbau kepada masyarakat, “Apabila terjadi hujan deras, saya himbau untuk pindah sementara dari rumah tersebut ke tempat yang lebih aman, dikhawatirkan terjadinya longsor susulan,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan sampai dengan pukul 14.00 WIB, puing-puing material longsoran sedang dibersihkan oleh sejumlah warga.

Warga pun berharap Pemkab Garut secepatnya mengambil langkah-langkah dan tindakan untuk meminimalisir terjadinya longsoran.

Tim Liputan | Bang Adies

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *