Acara Tradisional Yang Dilaksanakan Di Desa Jemaras Kidul

Nasional258 Dilihat
banner 336x280

POLISI NEWS | CIREBON. Kegiatan acara sedekah bumi masyarakat Desa Jemaras Kidul Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon, mengucap rasa syukur “alhamdulillah” kepada Allah S.W.T. Atas berlimpahnya hasil bumi berupa padi, Sabtu ( 20/11/2021 ).

Demi menjaga tradisi adat istiadat di Desa Jemaras Kidul mengadakan tanggapan wayang kulit untuk melestarikan budaya agar tidak punah serta menjalin silaturrahmi dengan baik bersama pemerintah Desa dengan masyarakat agar bisa saling sama sama membangun Desa yang lebih maju dan aman damai dari segala hal yang tidak diinginkan oleh pemerintah Desa.

banner 336x280

“Kami Kuwu Desa Jemaras Kidul Isgiantoro, mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat kami yang selalu mendukung atas kegiatan Desa. Acara sedekah bumi ini alhamdulillah ditahun 2021 bisa dilaksanakan karena sebelum saya menjabat kuwu udah dilaksanakan oleh sesepuh Jemaras Kidul,” tutur Kuwu Isgiantoro kepada awak media Polisi News.

Melalui tradisi ini Isgiantoro berharap agar diberi banyak limpahan rezeki dan dijauhkan dari bahaya oleh Yang Maha Kuasa. Sedekah bumi juga dilakukan untuk mempererat persaudaraan antar warga. 

“Selain itu sedekah bumi juga bertujuan meneruskan atau melestarikan budaya Jawa. Di desa kami, Desa Jemaras Kidul setiap tahunnya pasti mengadakan kegiatan tradisional tersebut dengan hiburan wayang kulit siang dan malam, kami juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu patuhi protokol kesehatan,”pungkas Isgiantoro.

Jurnalis | Agung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *