Hidup Sehat Berkat Program Sanitasi Desa

Hidup Sehat Berkat Program Sanitasi Desa

POLISI NEWS | BANYUWANGI. Pemerintah desa Kenjo, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur adalah salah satu desa yang memperoleh program sanitasi desa (Sandes) dari kKementerian PUPR.

Tujuan pemerintah memberikan program sanitasi desa agar lingkungan desa menjadi bersih dan masyarakat selalu belajar hidup sehat. Sanitasi adalah status kesehatan suatu lingkungan yang mencakup perumahan, pembuangan kotoran, penyediaan air bersih dan sebagainya. Sanitasi juga dapat diartikan sebagai kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan dan mempertahankan standar kondisi lingkungan yang mendasar yang mempengarui kesehatan manusia.

Untuk itu, demi kebersihan lingkungan didesanya dan demi kesehatan warganya ,walaupun masih dalam masa pandemi Covid-19, Kepala Desa Kenjo, Ahmad Sofyanto tak henti – hentinya mencari terobosan dan selalu berinovasi agar keinginan untuk membangun desanya bisa segera terwujud.

Hal itu sudah dibuktikan dengan upaya dan hasil kerja kerasnya lewat Anggota DPR RI, H.Suma’il Abdillah kini desanya mendapatkan bantuan pembangunan 39 toilet dan jeding bagi warganya yang kurang mampu.

Ahmad Sofyanto kepala desa Kenjo saat di wawancarai awak media Polisi News pada Kamis (23/9/2021) mengatakan bahwa desanya kali ini mendapatkan bantuan pembangunan 39 toilet dan jeding bagi warganya yang kurang mampu lewat program Sanitasi desa dari Kementerian PUPR.

“Alhamdulillah untuk desa Kenjo banyak aspirasi dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) seperti bapak H.Ismail Abdillah, beliau sudah banyak membantu desa kami dalam program bedah rumah, dari PISEW sebelumnya untuk desa kami juga mendapatkan pembangunan irigasi dan sekarang mendapat program Sanitasi desa (Sandes) berupa pembangunan 39 toilet dan jeding. dan ini bukan jumlah yang sedikit menurut kami,” terang Ahmad Sofyanto.

Lebih lanjut, Ahmad Sofyanto mengatakan kalau warganya sebelum mendapatkan bantuan toilet dan jeding masih banyak yang MCK kesungai karena belum mampu untuk membuat kamar mandi.

“Dan Alhamdulillah dengan adanya bantuan toilet/ jeding ini sangat membantu warga kami yang memiliki kebiasaan MCK disungai. dan tentunya ucapan terima kasih saya sampaikan kepada Pemerintah, terkhusus kepada bapak H.Suma’il Abdillah yang sudah banyak membantu mensukseskan pembangunan desa kami menjadi lebih maju, lebih baik serta lebih bersih lingkungannya,” pungkasnya.

Jurnalis | Adi

Jurnalis Polisi News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top