Hari Anti Korupsi Sedunia Mengusung Tema Penegakan Hukum Lebih Baik dan Hebat

Hukum211 Dilihat
banner 336x280

POLISI NEWS | KARAWANG. Kejari Karawang gelar Perss release Refleksi akhir tahun 2023 dalam prestasi capaian kinerja kejaksaan negeri Karawang dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi yang mengusung tema penegakan hukum yang lebih baik dan hebat di kabupaten Karawang dalam rangka hari anti korupsi sedunia (HARKORDIA) 9 Desember 2023 Di aula kejaksaan Negeri Karawang, Jawa Barat, Jumat (8/12/2023).

Kajari Karawang Syaifullah SH.MH didampingi kepala seksi intelijen Rudi iskonjaya S.H,M.H. menyampaikana,media cetak maupun media elektronik yang sudah menyepatkan hadir di ruang aula kejaksaan negeri Karawang tentunya saya mengucapkan terimakasih atas kehadiran nya,” kata Syaifulla

banner 336x280

Lanjut Kajari, “Tadi saya sudah menyampaikan seluruh poin kinerja progres kinerja kejaksaan tahun 2023 jadi seluruh bidang baik itu bidang intelijen ,bidang pidana khusus, bidang pembinaan, bidang perdata dan tata usaha negara ,bidang pidana umum bahkan bidang barang bukti dan barang rampasan,”ucapnya.

lanjutnya, “Tapi pada intinya saya ingin menyampaikan terimakasih kepada teman -teman baik dari LSM , maupun dari teman -teman media yang sudah hadir terkait masalah proses untuk mengawali khusus di dalam penanganan perkara korupsi disini ada beberapa poin yang saya sampaikan supaya tidak miskomunikasi kepada teman -teman bahwasanya kita di tahun 2023 ini sudah menangani perkara proses penyelidikan yang satu sudah naik tuntutan dalam perkara LKM dalam proses persidangan,” ujarnya.

Dia menambahkan, yang dua ini itu insyaallah dalam proses PT pupuk kujang itu yang sementara tahun 2017 ada temuan Rp 4.257.568.854 dan itu sudah kita aman kan duit itu kita sudah amankan, sudah titipkan ke kas negara dalam hal itu untuk barang bukti nanti persidangan.

Lanjut Kajari, Insya Allah dalam satu dua bulan ini kita bisa dapatkan tersangka nya bahkan kami untuk menguatkan membutuhkan ahli lagi yaitu audit investigasi agar terkait dengan hasil kerugian negara itu lebih real di lapangan karena apa yang di temukan di tempat lokasi adalah audit umum

Kemudian yang ketiga terkait dengan PJU itu kita sudah menyurat kepada hakim inspektorat untuk menemukan jumlah kerugian nya berapa ini untuk sementara sekarang belum terkait dengan hasilnya,”Pungkasnya

Sementara Rudi iskonjaya S.H ,M.H menambahkan,Kejaksaan Negeri Karawang, Desember 2023 telah melaksanakan beberapa capaian program sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kejaksaan sebagai mana diamanatkan dalam undang-undang nomor 11 tahun 2021tentang perubahan atas undang-undang nomor 16 tahun 2004 tentang kejaksaan dimana melalui seluruh bidang (Bidang intelijen,Bidang tindak pidana khusus (pidsus), serta bidang perdata dan tata usaha negara, bidang pembinaan,bidang tindak pidana umum,dan bidang pengelolaan barang bukti dan barang rampasan).

Kepala kejaksaan Negeri Karawang beserta jajaran telah melakukan upaya yang maksimal dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi peran kejaksaan melalui seluruh bidang pada kejaksaan negeri Karawang adapun kinerja seluruh bidang pada kejaksaan negeri Karawang adalah sebagai berikut:

Bidang intelijen

1. Bahwa pada bidang intelijen tahun 2023 melaksanakan kegiatan penyelidikan operasi intelijen perihal adanya dugaan tindak pidana korupsi terhadap 24 pekerja penerangan jalan umum (PJU) dengan kapasitas 40 Watt pada dinas perhubungan kabupaten Karawang dan telah dilimpahkan ke bidang tindak pidana khusus untuk di tingkatkan ke tahap penyelidikan.

2. Bahwa bidang intelijen tahun 2023 telah melaksanakan sebanyak 26 Surat perintah tugas intelijen.

3. Bahwa bidang intelijen tahun 2023 telah melaksanakan 2kegiatan operasi intelijen perihal asset tracing adalah sebagai berikut:

a. Penelusuran asset tracing terhadap Yanto Sudaryanto dalam dugaan tindak pidana korupsi pada PT. LKM Karawang.

b. Penelusuruan asset tracing terhadap Chang Soo Young dan Chang Chan Yeoung atas gugatan dari pengacara negara bidang perdata dan tata usaha negara terhadap bantuan hukum litigasi gugatan sederhana dari BPJS ketenagakerjaan cabang Karawang.

4. Bahwa bidang intelijen telah melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat sebagai berikut:

– Penyuluhan hukum sebanyak 112 kegiatan yang di antara nya sebagai berikut

. Jaksa masuk sekolah sebanyak 10 Kegiatan

. Jaksa masuk pesantren sebanyak 2 kegiatan.

-Penerangan hukum 12 kegiatan

-Jaksa menyapa 2 kegiatan

– Pengawasan aliran kepercayaan masyarakat 2 kegiatan.

5. Bahwa kejaksaan negeri Karawang khususnya bidang intelijen telah berperan aktif dalam program pengamanan pembanguna strategis Daerah kabupaten Karawang dan telah melakukan pengamanan terkait 2 proyek pembangunan strategis Daerah adapun pembanguna strategis Daerah yang dilakukan pengamanan oleh bidang intelijen kejaksaan negeri Karawang adalah sebagai

berikut:

a. Proyek pembangunan jembatan Walahar dengan nilai kontrak Sebesar Rp.32.325.892.000.

b. Proyek pekerjaan jalan Telagasari -Pagadungan dengan nilai kontrak sebesar Rp.17.335.015.000,”pungkasnya.

Jurnalis| Asman S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *