18 korban penyerangan dan Pembunuhan KKB di Yahokimo Berhasil Dievakuasi

Berita Polda228 Dilihat
banner 336x280

Polisinews PBD I Yahokimo – Satuan Tugas Gabungan Damai Cartenz berhasil mengevakuasi beberapa orang korban dari serangan keji kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. Total 18 korban berhasil dievakuasi dengan 7 diantaranya meninggal dunia.

Kepala Satuan Tugas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno menerangkan kepada media, korban yang selamat dan meninggal telah berhasil dievakuasi. Mereka dievakuasi ke Polres Yahukimo.

banner 336x280

“Korban dievakuasi ke Polres Yahukimo semua. Iya betul, semua dibawa ke Polres Yahukimo dulu,” kata AKBP Bayu Suseno kepada pers, Selasa (17/10/2023).

Kapolres Yahukimo AKBP Heru Hidayato saat memimpin langsung proses evakusai dikawal 42 Porsenil gabungan, menyampaikan korban yang berhasil dievakuasi berjumlah 18 orang. Korban selamat yang berhasil dievakuasi siang ini dalam perawatan medis dengan kondisi luka-luka ringan, jadi total korban selamat berjumlah 11 orang dan yang meninggal dunia ada 7 orang” terangnya.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri kepada media menyampaikan” tidak akan mentolelir dan akan mengambil tindakan tegas atas apa yang dilakukan oleh KKB sehingga membuat bebeapa diaerah Papua tidak aman” tegasnya!

Para korban merupakan pendulang Emas Tradisional, dimana

Sebelumnya diberitakan, KKB menyerang lokasi pendulangan emas yang berada di Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, pada hari Senin (16/10). Dan serangan tersebut dilakukan oleh KKB piminan Egianus Kogoya.

“Kami akan kejar pelaku dan akan kami lakukan penegakan hukum terhadap KKB Egianus Kogoya,” ungkap Kasatgas Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani.

Faizal menuturkan, aparat gabungan sempat mendapat perlawanan dari KKB pada saat mengevakuasi korban yang tewas dan selamat.

“Ketika aparat gabungan Setibanya di TKP, langsung mendapat serangan tembakan dari KKB dan terjadi kontak tembak selama hampir 1 jam 30 menit, namun dengan kesigapan Satgas Damai Cartenz berhasil mengendalikan situasi dan mengamankan lokasi TKP, sehingga proses evakuasi berjalan dengan baik” pungkas Faizal.

Jurnalis | Agung RPP, SE. CHt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *